Suka Duka WO Pernikahan Adik Jokowi, Dani Wigung: Pernikahan Fenomenal

  • 28 Mei 2022 19:04:34
  • Views: 13

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman kini resmi menjadi suami Idayati. Prosesi pernikahan adik Jokowi, Idayati dan Anwar berlangsung pada 26 Mei 2022 di Graha Saba Buana, Surakarta. Di balik suksesnya acara pernikahan, tidak terlepas dari jasa Dani Wigung yang didapuk sebagai koordinator penata cara. 

Dani yang sudah berpengalaman menangani acara pernikahan sejak 1998 itu menceritakan suka dukanya saat memimpin jalannya pernikahan adik Jokowi dan Ketua MK tersebut. Berbeda dengan acara pernikahan yang lain, dirinya mengaku bahwa pernikahan Anwar Usman – Idayati kali ini adalah yang paling fenomenal di sepanjang karirnya. 

“Saya menyebut pernikahan Bapak Anwar dan Idayati ini sebagai pernikahan fenomenal. Sepuluh tahun mendatang belum tentu ada pasangan pernikahan seperti ini lagi, kata Dani kepada Tempo.co, di sela-sela kesibukannya selepas acara pernikahan berakhir, Kamis lalu. 

Mengesampingkan dinamika kontroversi politik di tengah pernikahan Anwar dan Idayati ini, Dani merasa kagum akan betapa kuasa Tuhan yang mampu menggerakkan dua hati ini untuk hidup bersama. Mengingat, kedua mempelai baik Anwar ataupun Idayati memiliki usia yang tak muda lagi. “Umumnya, orang tua lebih memilih momong cucu di rumah, tetapi ini tidaklah demikian. Tidak semua orang diberi kesempatan seperti ini, ujarnya. 

Hal itulah yang kemudian menjadi tantangan tersendiri bagi Dani. Selama menjalani pelayanan acara pernikahan, Dani belum pernah melayani pernikahan sosok senior pejabat tinggi negara. Dengan begitu, dirinya harus disibukkan dengan tantangan mengelola tamu undangan yang notabene berasal dari pejabat negara pula, di antaranya Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah; Andika Perkasa, Panglima TNI, serta sejumlah menteri. 

“Sebenarnya tantangan segala bentuk apapun sudah biasa saya terima, saya melayani klien siapa saja banyak tantangannya. Khusus di pernikahan Bapak Anwar dan Bu Idayati ini yang ribet adalah mengurus protokolnya yang sangat ketat, secara tata acara ya sama saja, kata Dani yang juga merupakan pendiri dari Wedding Organizer Pengantin Production. 

Meski demikian, Dani Wigung merasa cukup senang karena telah memandu prosesi pernikahan adik Jokowi dan Anwar Usman yang pada akhirnya berjalan sangat lancar. Dia berhasil menghadirkan nuansa konsep Jawa Klasik secara elegan dalam gelaran pernikahan ini. Mulai dari busana pengantin, gamelan live, hingga ornamen-ornamen dekorasi yang lekat dengan budaya Jawa. 

HARIS SETYAWAN 

Baca: Pernikahan Adik Jokowi dan Ketua MK Anwar Usman, ini 6 Kekerabatan Pejabat Lain

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.


https://nasional.tempo.co/read/1596022/suka-duka-wo-pernikahan-adik-jokowi-dani-wigung-pernikahan-fenomenal

Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1596022/suka-duka-wo-pernikahan-adik-jokowi-dani-wigung-pernikahan-fenomenal
Tokoh









Graph

Extracted

persons Andika Perkasa, Anwar Usman, Ganjar Pranowo, joko widodo,
companies ADA, Google,
ministries MK, TNI,
products gamelan,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cities Solo,