Tim Pakem Kejari Jakut Gelar Rakor, Deteksi Aliran Kepercayaan Meresahkan

  • 28 Mei 2022 18:23:49
  • Views: 15

Jakarta -

Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Keagamaan Dalam Masyarakat (PAKEM) Kejaksaan Negeri Jakarta Utara menggelar rapat koordinasi (Rakor). Rakor bertujuan untuk mengantisipasi munculnya aliran Kepercayaan dan aliran Keagamaan yang dapat meresahkan Masyarakat.

Penanggung jawab tim adalah Kepala Kejari Jakarta Utara Atang Pujiyanto selaku ketua. Rakor ini di pimpin oleh Kasi Intel Kejari Jakut M S Iskandar Alam selaku Wakil Ketua. Rakor PAKEM dihadiri oleh sejumlah anggota yang terdiri dari internal Kejati Jakut, TNI-Polri, Pemkot Jakut, dan perwakilan masyarakat.

Adapun tujuan Rakor Pakem untuk meningkatkan kerjasama dan sinergitas dalam rangka deteksi dini mengantisipasi munculnya aliran Kepercayaan dan aliran Keagamaan yang dapat meresahkan Masyarakat dan mengganggu ketentraman dan ketertiban Masyarakat, sehingga perlu dilakukan Pengawasan oleh Tim PAKEM Kota Administrasi Jakarta Utara dan Kabupaten Kepulauan Seribu, kata Kasi Intel Kejari Jakut M S Iskandar kepada wartawan, Sabtu (28/5/2022).

Selain itu, diharapkan Rakor ini dapat membuat situasi dan kondisi Jakarta Utara dan Kabupaten Kepulauan Seribu kondusif, aman, nyaman dan damai. Iskandar memastikan Tim PAKEM bekerja optimal.

Pengurus PAKEM diharapkan proaktif dalam melakukan pengawasan terhadap munculnya aliran kepercayaan yang menyimpang yang dapat memicu terjadinya konflik atau gesekan antara penganut umat beragama atau aliran/paham yang tidak sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), katanya.

Dalam Rakor ini masing-masing perwakilan pengurus dalam PAKEM sudah menyampaikan perkembangan serta temuannya di lapangan terkait keaktifan dari pada aliran dan paham serta organisasi yang ada di tengah masyarakat. Kegiatan Rakor ini dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan COVID-19.

(zap/hri)

https://news.detik.com/berita/d-6099663/tim-pakem-kejari-jakut-gelar-rakor-deteksi-aliran-kepercayaan-meresahkan

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6099663/tim-pakem-kejari-jakut-gelar-rakor-deteksi-aliran-kepercayaan-meresahkan
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries Kejaksaan, TNI,
topics NKRI, Protokol Kesehatan,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Kepulauan Seribu,
cases covid-19,