Asal Usul Nama Palembang, Kota Tertua di Indonesia berdasarkan Prasasti Sriwijaya

  • 28 Mei 2022 17:36:33
  • Views: 9

PIKIRAN RAKYAT - Kota Palembang merupakan kota tertua di Indonesia yang berumur setidaknya 1337 tahun jika berdasarkan prasasti Sriwijaya yang dikenal sebagai prasasti Kedukan Bukit.

Selain itu, Palembang juga terkenal dengan Jembatan Ampera yang membentang di atas Sungai Musi, serta makanan khasnya yaitu pempek.

Arti nama Palembang menurut berbagai sumber berasal dari kata Lembeng atau Lembang yakni tanah berlekuk, tanah rendah, akar yang membengkak akibat lama terendam dalam air.

Tetapi dalam bahasa Melayu, lembang memiliki arti rembesan air. Arti dari kata Palembang itu semuanya adalah tanah yang berair.

Baca Juga: Pengakuan Rizal Afif Disuruh Jadi Napiter Demi 'Selamatkan' Habib Bahar dan Munarman: Dibayar Rp7 Juta

Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari laman resmi Pemkot Palembang, pada saat itu oleh penguasa Sriwijaya didirikan Wanua di daerah yang sekarang dikenal sebagai Kota Palembang.

Menurut topografinya kota tersebut dikelilingi oleh air, bahkan terendam oleh air.

Air tersebut bersumber baik dari sungai maupun rawa, juga air hujan. Bahkan saat ini kota Palembang masih terdapat 52,24 persen tanah yang yang tergenang oleh air (data Statistik 1990).

Kemungkikan karena kondisi inilah maka nenek moyang orang-orang di sana menamakan kotanya sebagai Pa-lembang dalam bahasa melayu Pa atau Pe sebagai kata tunjuk suatu tempat atau keadaan.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014585364/asal-usul-nama-palembang-kota-tertua-di-indonesia-berdasarkan-prasasti-sriwijaya

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014585364/asal-usul-nama-palembang-kota-tertua-di-indonesia-berdasarkan-prasasti-sriwijaya
Tokoh



Graph

Extracted

persons Munarman,
nations Indonesia,
places SUMATERA SELATAN,
cities Palembang,