KBRI Swiss Pastikan Pencarian Anak Ridwan Kamil Bakal Terus Dilakukan

  • 28 Mei 2022 15:03:58
  • Views: 13

TEMPO.CO, Jakarta - Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman Darmansyah Hadad, memastikan pencarian terhadap anak Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz alias Eril bakal terus dilakukan. Eril sebelumnya dinyatakan hilang setelah hanyut di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss pada Kamis kemarin sekitar pukul 09.45.

Tidak ada spesifik waktu kapan pencarian akan dihentikan. Jawaban dari polisi sungai, mereka bilang tugas kami memantau dan menjaga keamanan sungai ini. Pencarian akan terus dilakukan setiap hari, setiap titik, setiap pojok, ujar Muliaman dalam konferensi pers secara daring pada Sabtu, 28 Mei 2022.

Meski begitu, Muliaman menerangkan menurut laporan daripada kepolisan, korban tengelam di Sungai Aare 99,9 persen ditemukan dalam tiga pekan setelah hanyut. Klaim ini didasarkan pada pengalaman polisi air setempat menangani pencarian orang tenggelam.

Kemarin SAR informasikan pada Sabtu-Minggu probabilita (Eril ditemukan) cukup tinggi, karena orang-orang menyebur ke sungai, sehingga ikut mencari. Jadi ada masyarakat yang membantu mencari, kata Muliaman.

Di hari ketiga pencarian ini, tim SAR mengerahkan 20 personel untuk menyusuri sungai sepanjang 17 kilometer atau hingga pintu air Wohlensee tempat Sungai Aare bermuara. Penyusuran dilakukan melalui jalur darat serta air menggunakan perahu boat. 

Tim SAR yang terdiri dari polisi air, polisi medis, dan pemadaman kebakaran juga mengerahkan drone thermal untuk melacak panas tubuh di hari pertama kejadian. Sedangkan untuk hari kedua ini, tim SAR mengerahkan drone yang memiliki teknologi menyusuri tiap jengkal sungai. 

Menurut kepolisan setempat, laporan Eril hanyut berawal dari telepon warga yang menyebut tiga orang hanyut terbawa arus. Dilansir dari media berita Swiss 20min.ch pada Jumat. “Dua wanita muda diselamatkan dari air oleh penduduk setempat, tetapi tidak ada jejak orang ketiga sejak itu, kata juru bicara kepolisian.

Saat peristiwa terjadi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sedang melakukan perjalanan dinas di Inggris bersama delegasi Pemprov Jabar. Sementara istri dan kedua anaknya berada di Swiss untuk mencari sekolah jenjang S2 bagi Eril.

M JULNIS FIRMANSYAH 

Baca: Ridwan Kamil Terlibat dalam Pencarian Anaknya yang Hanyut di Sungai Aare


https://nasional.tempo.co/read/1595978/kbri-swiss-pastikan-pencarian-anak-ridwan-kamil-bakal-terus-dilakukan

Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1595978/kbri-swiss-pastikan-pencarian-anak-ridwan-kamil-bakal-terus-dilakukan
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ridwan Kamil,
companies ADA,
ministries Polisi, Tim SAR,
nations Indonesia, Inggris, Swiss,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Bern,
cases kebakaran,