Ridwan Kamil Terlibat dalam Pencarian Anaknya yang Hanyut di Sungai Aare

  • 28 Mei 2022 15:04:26
  • Views: 12

TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ikut aktif mencari keberadaan putranya, Emmeril Khan Mumtadz, yang hanyut di Sungai Aare Kota Bern, Swiss sejak Kamis lalu. Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman Darmansyah Hadad menjelaskan, RK--panggilan akrab Ridwan Kamil--langsung bertolak dari Inggris menuju Swiss untuk memantau pencarian putranya.

Bapak Ridwan Kamil banyak memberikan pertanyaan yang teknis dan diberikan gambaran soal topografi sungai, ujar Muliaman dalam konferensi pers secara daring pada Sabtu, 28 Mei 2022. 

Berbekal data itu, Muliaman mengatakan RK juga memberikan masukan kepada tim SAR Swiss mengenal titik lokasi kemungkinan putranya hanyut. Di lokasi tersebut, tim SAR mengerahkan drone untuk melakukan pencarian.

Tim SAR yang dikerahkan terdiri dari polisi air, polisi medis, dan Damkar yang mengoperasikan drone untuk pencarian ini, kata Muliaman. 

Pada Kamis pukul 09.40 waktu setempat, Emmeril Kahn Mumtadz hilang saat tengah berenang di Sungai Aaree, Swiss. Proses pencarian terus dilakukan, tetapi hingga lebih dari 36 jam, Jumat malam waktu setempat, polisi Kota Berna belum menemukan keberadaan Eril--sapaan akrab Emmeril Kahn Mumtadz.

Di akun Twitter, kepolisian Bern mengungkapkan alasan sulitnya pencarian Eril. “Kondisi air yang keruh dan arus saat ini semakin mempersulit pencarian, tulis mereka menanggapi pertanyaan seorang netizen Indonesia pada Jumat malam.

Air Sungai Aare sekarang sedang keruh karena lelehan salju setelah negara itu mulai memasuki musim semi. Lokasi hilangnya alumnus Teknik Dirgantara Institut Teknologi Bandung berusia 23 tahun ini berada di Kota Schonau Steg, Provinsi Bern, Swiss.

Menurut kepolisan, laporan Eril hanyut berawal dari telepon warga ke kepolisian yang menyebut tiga orang hanyut terbawa arus. Dilansir dari media berita Swiss 20min.ch pada Jumat. “Dua wanita muda diselamatkan dari air oleh penduduk setempat, tetapi tidak ada jejak orang ketiga sejak itu, kata juru bicara kepolisian.

Saat peristiwa terjadi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sedang melakukan perjalanan dinas di Inggris bersama delegasi Pemprov Jabar. Sementara istri dan kedua anaknya berada di Swiss untuk mencari sekolah jenjang S2 bagi Eril.

M JULNIS FIRMANSYAH 

Baca: Lacak Keberadaan Anak Ridwan Kamil, Tim SAR Swiss Kerahkan Drone Thermal

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini


https://nasional.tempo.co/read/1595977/ridwan-kamil-terlibat-dalam-pencarian-anaknya-yang-hanyut-di-sungai-aare

Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1595977/ridwan-kamil-terlibat-dalam-pencarian-anaknya-yang-hanyut-di-sungai-aare
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ridwan Kamil,
companies ADA, Google, Twitter,
ministries Polisi, Tim SAR,
institutions ITB,
topics PPDB,
nations Indonesia, Inggris, Swiss,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities bandung, Bern,