20 Personel SAR Dikerahkan Cari Anak Ridwan Kamil di Sungai Aare Swiss

  • 28 Mei 2022 13:54:01
  • Views: 11

Jakarta -

Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad mengatakan upaya pencarian terus dilakukan untuk mencari putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), yang hilang di Sungai Aare, Swiss. Untuk pencarian itu telah dibentuk tim SAR yang terdiri dari sekitar 20 personel.

Pihak kepolisian menyampaikan bahwa mereka telah membentuk tim SAR yang langsung menyisir seluruh area potensial di sepanjang Sungai Aare. Tim SAR yang berjumlah sekitar 20 orang terdiri dari unsur polisi sungai, polisi medis, dan pemadam kebakaran, kata Muliaman saat konferensi pers, Sabtu (28/5/2022).

Jadi memang khusus ada polisi sungai karena memang Sungai Aare ini sungai yang sangat populer, terutama pada musim semi dan musim panas dan musim libur sekolah, mereka banyak berkumpul di sepanjang sungai ini. Jadi setiap hari polisi sungai bertugas mengawasi sungai itu, tambahnya.

Muliaman menjelaskan pada masa darurat yaitu 15 menit sejak laporan Eril hilang diterima, tim SAR melakukan pemindaian menggunakan drone. Drone itu, kata dia, dengan sensornya bisa mendeteksi panas tubuh.

Drone digunakan untuk mendeteksi panas tubuh, pada saat itu suhu air di Sungai Aare diperkirakan sekitar 16 derajat celsius dengan arus yang cukup kuat, ucapnya.

Lebih lanjut, Muliaman menyebut setelah 15 menit metode pencarian dilanjutkan dengan menggunakan perahu dan kendaraan untuk menyisir area darat tepian sungai. Selama proses pencarian tim SAR, tim KBRI mendampingi keluarga yang ada di Swiss menyusuri tepian Sungai Aare menuju ke arah lokasi awal dimulainya renang.

Dengan harapan dapat menemukan tanda-tanda atau petunjuk yang dapat membantu proses pencarian. Hingga Kamis sore proses pencarian dilakukan oleh tim SAR, belum memperoleh hasil yang kita harapkan, ujarnya.

Di hari yang sama, Muliaman juga sudah berbicara langsung dengan kepala protokol Kementerian Luar Negeri Swiss. Ia mendorong pihak otoritas Swiss mengerahkan upaya pencarian yang optimal.

Kemarin pada hari Jumat, tim SAR kembali mengerahkan tenaga sekitar 20 personel dari unsur polisi dan polisi medis. Cakupan area sekitar 17 Km di sepanjang sungai, dimulai dari jembatan pindah ke pintu air Wollensea, imbuhnya.

(fas/jbr)

https://news.detik.com/berita/d-6099367/20-personel-sar-dikerahkan-cari-anak-ridwan-kamil-di-sungai-aare-swiss

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6099367/20-personel-sar-dikerahkan-cari-anak-ridwan-kamil-di-sungai-aare-swiss
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ridwan Kamil,
companies ADA,
ministries Kementerian Luar Negeri, Kemlu, Polisi, Tim SAR,
nations Swiss,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cases kebakaran,