Ribuan Warga dan Tokoh Lintas Agama Tak Putus Datang Melayat Buya Syafii Maarif

  • 28 Mei 2022 13:06:31
  • Views: 4

Indonesiainside.id, Yogyakarta – Sesepuh Muhammadiyah sekaligus guru bangsa, Buya Ahmad Syafi’I Ma’arif berpulang ke rahmatullah pada Jumat pagi (27/5) pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping.

Sebelum dimakamkan di Pemakaman Khusnul Khotimah milik Muhammadiyah di Dusun Donomulyo, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, jenazah disemayamkan di Masjid Gede Kauman, Yogyakarta.

Ribuan warga dari berbagai agama dan suku terus berdatangan ke Masjid Gede Kauman. Mereka yang muslim melakukan salat jenazah, sementara mereka yang non muslim menyampaikan penghormatan terakhir.

Disiarkan secara langsung oleh Televisi Muhammadiyah, terpantau usai digelarnya Salat Jumat, jamaah salat jenazah tidak terputus dan terus berdatangan hingga waktu Ashar, menunggu kedatangan Presiden Joko Widodo mengantarkan beliau langsung ke upacara pemakaman.

Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama jajarannya nampak hadir memberikan penghormatan terakhir.

“Dalam kesempatan ini saya turut berduka cita untuk Muhammadiyah dan keluarga yang telah kehilangan tokoh dan bapak bangsa yang selama ini selalu memberikan pencerahan pada kita semua. Tentunya kita semua kehilangan dan apa yang menjadi peninggalan dan cita-cita beliau akan terus kita lanjutkan pada bangsa ini untuk punya peradaban yang lebih baik, ucap Listyo kepada wartawan.

Almarhum Buya Syafii Maarif dikenang sebagai sosok negarawan dan guru bangsa yang sederhana. Beliau kini telah tiada dan segenap tokoh bangsa ikut memberikan penghormatan terakhir sebelum dimakamkan.

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) ikut menyolatkan jenazah almarhum yang dipimpin Ketua Umum PP Muhammadiyah di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta.

Usai shalat jenazah, Presiden RI Jokowi menyampaikan bahwa Buya Syafii Maarif adalah guru bangsa. Menurutnya, Buya Syafii Maarif selama ini memberi keteladanan yakni hidup dalam kesederhanaan.

“Kader terbaik Muhammadiyah yang selalu menyuarakan tentang keberagaman, dan toleransi dan beliau juga selalu menyampaikan Pancasila sebagai perekat bangsa, kata Jokowi.

Presiden RI juga menyampaikan bahwa semua manusia adalah milik Allah dan hanya kepada Allah-lah akan kembali. “Mari doa bersama semoga Almarhum Buya khusnul khotimah, diberikan tempat terbaik disisi-Nya dan diampuni segala dosanya, terang Jokowi, Jum’at (27/5). (Aza)

Sumber: Muhammadiyah.or.id


https://indonesiainside.id/headline/2022/05/27/ribuan-warga-dan-tokoh-lintas-agama-tak-putus-datang-melayat-buya-syafii-maarif

Sumber: https://indonesiainside.id/headline/2022/05/27/ribuan-warga-dan-tokoh-lintas-agama-tak-putus-datang-melayat-buya-syafii-maarif
Tokoh











Graph

Extracted

persons Ahmad Syafii Maarif, joko widodo, Khusnul Khotimah, Listyo Sigit Prabowo, Prabowo,
companies WhatsApp,
ministries Polisi,
organizations Muhammadiyah,
religions Islam,
events salat Jumat,
products Pancasila,
nations Indonesia,
places DI YOGYAKARTA,
cities Kulon Progo, Yogyakarta,