Irjen Fadil Imran: Berinovasi Gencarkan Vaksinasi di DKI

  • 28 Mei 2022 07:24:08
  • Views: 16

Jakarta -

Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran, menjadi salah satu kandidat penerima anugerah Hoegeng Awards 2022. Fadil Imran adalah polisi yang dikenal militan menggencarkan vaksinasi di Jakarta Raya.

Fadil Imran adalah pria kelahiran Makassar, 14 Agustus 1968. Fadil Imran adalah alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) angkatan 1991. Latar belakang Fadil Imran adalah di bidang reserse, polisi yang bertugas mencari informasi yang rahasia.

Berikut ini jejak jabatan Irjen Fadil Imran sebelum menjadi Kapolda Metro Jaya:

- Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya (2016)
- Wakil Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri (2016)
- Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri (2017)
- Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri (2018)
- Staf Ahli Kapolri bidang Sosial dan Budaya (2019)
- Kapolda Jawa Timur (2020)

Fadil menjadi salah satu calon penerima Hoegeng Awards dalam kategori polisi inovatif, bersaing dengan kandidat lain yakni Brigjen Eko Rudi Sudarto dan AKBP Iman Imanuddin. Berikut adalah inovasi Fadil Imran:

Inovasi: Vaksinasi Merdeka

Jakarta Raya adalah daerah yang dikecamuk COVID-19 paling berat di Indonesia. Jakarta juga merupakan ibu kota yang perlu senantiasa dijaga situasinya. Fadil selaku Kapolda Metro Jaya berinovasi menggencarkan vaksinasi.

Inovasi yang dijalankan Fadil berbentuk Vaksinasi Merdeka. Dengan program Vaksinasi Merdeka, warga Jakarta dan sekitarnya bisa lebih mudah mengakses vaksin virus Corona. Penanganan pandemi di episentrum pagebluk ini menjadi lebih terbantu karena inovasi Fadil.

Salah seorang warga di Mekarsari, Depok, Jawa Barat, wilayah hukum Polda Metro Jaya, memberikan testimoni. Dia adalah Ivanna Susanto (29). Dia sempat kesulitan mencari vaksin COVID-19 dosis kedua. Akhirnya, dia menemukan fasilitas gerai Vaksinasi Merdeka yang didirikan Polda Metro Jaya di kantor RW.

Menurut saya programnya inovatif. Bayangin kalau dari awal satu Indonesia di setiap balai pertemuan warga/balai RW-nya ada tempat vaksin, pasti lebih cepat kejar target herd immunity. Nggak jauh-jauh seperti ke GBK, ke GOR-GOR yang antre berjam-jam, kata Ivanna Susanto yang mengaku tak kenal Fadil secara personal ini.

PoldaPolda Metro Jaya menggelar vaksinasi merdeka booster keliling di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Program itu berlangsung mulai dari tanggal 25-31 Maret 2022. Foto: Dok Polda Metro Jaya

Inovasi: wadahi balap liar

Ivanna juga terkesan dengan program pewadahan balap liar di Ancol, Jakarta Utara. Ivanna mengaku kagum dengan Fadil Imran.

Programnya simple, tapi mengena, tepat sasaran menurut saya. Sejak itu saya follow IG Kapolda dan ternyata dia juga wadahin orang-orang balap liar dengan program balapan di Ancol. Menurut saya Kapolda Metro inovatif dan ide-idenya benar-benar langsung terasa manfaatnya di masyarakat luas, kata Ivanna.

Dalam program blak-blakan, Fadil Imran sudah berusaha memikirkan solusi untuk mengakhiri balap liar sejak dia menjadi Kapolsek Cengkareng pada 1998 dan Tanah Abang pada 2000.

Dengan kewenangan yang lebih besar sebagai Kapolda, akhirnya dia bertekad untuk segera melakukan intervensi dan mentransformasikan energi anak-anak muda di jalanan ke area khusus yang tak mengganggu kepentingan publik. Dia ingin potensi kaum muda di ajang balapan ini melahirkan figur-figur berprestasi.

Uji publik Hoegeng Awards

Saat ini agenda Hoegeng Awards 2022 adalah uji publik terhadap 9 besar kandidat, yang salah satunya adalah Irjen Fadil Imran. Pembaca yang memiliki tambahan informasi baik sisi positif maupun negatif soal Irjen Fadil bisa memberi masukan. Masukan bisa dikirim ke email redaksi@detik.com dengan subjek Hoegeng Awards 2022. Redaksi menjamin kerahasiaan identitas pembaca detikcom yang mengirimkan masukan tersebut.

(dnu/tor)

https://news.detik.com/berita/d-6098988/irjen-fadil-imran-berinovasi-gencarkan-vaksinasi-di-dki

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6098988/irjen-fadil-imran-berinovasi-gencarkan-vaksinasi-di-dki
Tokoh





Graph