Sejarah Kerja Rodi di Indonesia

  • 28 Mei 2022 05:47:10
  • Views: 13

Kerja paksa atau kerja rodi adalah satu bentuk eksploitasi Belanda terhadap Indonesia. Kebijakan ini diterapkan selama tiga tahun, sejak 1808 hingga 1811 ketika Gubernur Hindia Belanda Herman Willem Daendels memimpin.

Daendels datang ke Indonesia pada 1808 usai diberi perintah oleh Raja Prancis, Louis Napoleon. Saat itu Belanda berada di bawah kekuasaan Prancis. Di Indonesia, Daendels diberi tugas untuk mempertahankan Pulau Jawa dari serangan Inggris.

Ketika menjadi Gubernur Hindia Belanda, Daendels mengeluarkan beberapa kebijakan, antara lain membangun pabrik senjata di Semarang dan Surabaya.

Daendels juga membangun pangkalan armada di Anyer dan Ujung Kulon, membangun benteng-benteng pertahanan, serta membangun jalan raya sepanjang 1.100 kilometer dari Anyer hingga Panarukan.

Kebijakan yang dilakukan oleh Daendaels ini dilaksanakan dengan kerja paksa atau kerja rodi.

Dampak dari kerja rodi yang diterapkan oleh Daendels ini membuat rakyat Indonesia sengsara. Hal ini bisa terlihat ketika pembangunan jalan raya Anyer-Panarukan.

BACA JUGA:Kisah Wisatawan yang Menginap di Pantai Anyer Gegara Macet Libur Lebaran 

Kerja rodi ini diberlakukan usai Belanda kehabisan dana untuk membayar tentara serta pekerja profesional. Akibatnya, banyak para pekerja yang berasal dari masyarakat Jawa tidak dibayar.

Bahkan, mereka juga mendapatkan tindakan tidak manusiawi. Konon, proses pembangunan jalan raya Anyer-Panarukan ini memakan korban jiwa hingga 12.000 orang.

Selain menerapkan kerja rodi, Daendels juga mengumpulkan dana untuk upaya menghadapi Inggris. Kebijakan yang dikeluarkan Daendels berupa penyerahan hasil bumi dari rakyat kepada pemerintah Belanda.

Selain itu, rakyat dipaksa menjual hasil buminya kepada Belanda dengan harga yang sangat murah.


https://nasional.okezone.com/read/2022/05/27/337/2601413/sejarah-kerja-rodi-di-indonesia?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/05/27/337/2601413/sejarah-kerja-rodi-di-indonesia?page=1
Tokoh



Graph

Extracted

persons Hindia,
companies Dana,
nations Belanda, Indonesia, Inggris, Prancis,
places JAWA TENGAH, JAWA TIMUR,
cities Semarang, Surabaya,