Industri Miras Oplosan di Palembang Terbongkar, Pelaku Residivis

  • 27 Mei 2022 23:34:31
  • Views: 12

Merdeka.com - Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Selatan mengungkap industri rumahan minuman keras (miras) oplosan di Palembang. Mereka menangkap AM, pemilik sekaligus pembuat minuman beralkohol itu.

Industri rumah itu berada di Jalan Perjuangan, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Palembang. Sebanyak 750 botol miras oplosan jenis whisky dan vodka serta alat pembuatan ditemukan di TKP dan dijadikan barang bukti.

taboola

Direktur Reskrimsus Polda Sumsel Kombes Pol Barly Ramadhany mengungkapkan, tersangka merupakan residivis dalam kasus yang sama. Dia pernah dipenjara selama dua tahun.

Sekeluar dari penjara, dia kembali memproduksi miras oplosan di tempat yang sama Tersangka adalah residivis dalam kasus yang sama, ungkap Barly, Jumat (27/5).

2 dari 2 halaman

Miliki Jaringan Luas

Pengalaman yang didapat dan jaringan luas membuat tersangka dengan mudah mengembangkan usaha ilegalnya. Sejak beroperasi seminggu lalu, tersangka berhasil mengedarkan produknya ke hampir seluruh wilayah Sumsel dan provinsi tetangga, seperti Jambi.

Pengakuannya baru satu minggu beroperasi, tapi penjualannya sampai keluar provinsi, ujarnya.

Tersangka membuat miras oplosan dengan cara mencampurkan air mentah, alkohol 70 persen, dan pewarna makanan. Dia memasukkan miras itu ke dalam botol miras yang dibeli dari tempat pengumpulan barang bekas.
Dalam sehari bisa produksi 720 botol, sasaran utamanya warung-warung kecil dengan harga jauh dari normal, hanya Rp11 ribu dari Rp80 ribu, kata dia.

Akibat perbuatannya, tersangka dikenakan Pasal 8 ayat (1) huruf e dan f Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dengan ancaman penjara selama lima tahun.

Tersangka bekerja sendirian, mulai pembuatan, pengemasan, sampai penjualan. Tapi jaringannya sudah cukup luas, makanya produknya cepat terjual, pungkasnya. [yan]

Baca juga:
Toko Baju dan Mainan di Sukabumi Kepergok Jual Miras, Kelabui Polisi Dengan Cara Ini
Jelang Ramadhan, Polres Sukoharjo Sita Ratusan Liter Miras Ciu
Polisi Tetapkan Pemilik Pabrik Miras Oplosan di Bekasi Jadi Tersangka
Polisi Tetapkan 2 Tersangka Penjual Miras Oplosan Penyebab Dua Orang Tewas di Jepara


https://www.merdeka.com/peristiwa/industri-miras-oplosan-di-palembang-terbongkar-pelaku-residivis.html
 

Sumber: https://www.merdeka.com/peristiwa/industri-miras-oplosan-di-palembang-terbongkar-pelaku-residivis.html
Tokoh

Graph

Extracted

ministries Polisi,
events Ramadhan,
places JAMBI, JAWA BARAT, JAWA TENGAH, SUMATERA SELATAN,
cities Bekasi, Jepara, Palembang, Sukabumi, Sukoharjo,