185 Kontainer di Pelabuhan Tanjung Emas Terdampak Banjir Rob

  • 27 Mei 2022 22:58:34
  • Views: 11

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 185 peti kemas terdampak banjir rob yang melanda kawasan pelabuhan Tanjung Emas Semarang Jawa Tengah dalam beberapa hari terakhir ini. Selain banjir rob, peti kemas juga terendam air karena adanya tanggul yang jebol.

Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas Semarang Anton Martin mengatakan, 185 peti kemas tersebut berisi komoditas yang akan diekspor maupun yang impor.

Menurut dia, bea cukai berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik untuk menekan biaya yang terjadi akibat kondisi bencana ini.

Ia memastikan pelayanan beroperasi selama 24 jam dengan beberapa layanan prioritas yang diberikan, seperti percepatan proses pembatalan, Surat Persetujuan Barang Ekspor (SPBE), serta pemeriksaan sebelum keluar Kawasan Pabean.

Kami berusaha semaksimal mungkin memberi pelayanan 24 jam sehari, 7 hari seminggu, katanya dikutip dari Antara, Jumat (27/5/2022).

Adapun kegiatan bongkar muat di Terminal Peti Kemas Semarang pada Kamis 26 Mei 2022 malam tercatat 161 kontainer melewati gerbang ekspor dan 115 kontainer melewati gerbang impor.

Sebelumnya, tanggul laut di kawasan Lamicitra yang jebol mengakibatkan banjir rob di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang sejak Senin 23 Mei 2022.

Tingginya limpasan air laut yang terjadi dalam sepekan terakhir yang melanda pesisir Utara Jawa Tengah itu diduga sebagai penyebab tanggul laut tersebut jebol.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Selasa (24/05) siang kembali mengecek lokasi bencana banjir rob di Pelabuhan Tanjung Emas. Selain meninjau dua titik talud yang ambrol, Ganjar juga mengecek pembuatan tanggul darurat di lokasi lain yang juga jadi...


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4972842/185-kontainer-di-pelabuhan-tanjung-emas-terdampak-banjir-rob

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4972842/185-kontainer-di-pelabuhan-tanjung-emas-terdampak-banjir-rob
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ganjar Pranowo,
companies WhatsApp,
ministries Bea Cukai,
topics Banjir, Banjir ob, ekspor,
products emas,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cities Semarang,