Soal Peluang PDIP Usung Ganjar-Puan, Hasto Ungkit Duet Ahok-Djarot

  • 27 Mei 2022 22:04:16
  • Views: 7

TEMPO.CO, Jakarta - Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, menjelaskan kemungkinan partainya mendukung pasangan Ganjar Pranowo dengan Puan Maharani di Pilpres 2024. Meskipun menilai ide tersebut masih sekadar usulan tim relawan dan komunitas, Hasto tak menutup kemungkinan duet itu. 

Hasto menegaskan bahwa PDIP akan mengusung calon yang mendapatkan restu dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Menurut dia, Megawati akan memiliki pertimbangan tersendiri selain aspirasi dari masyarakat.

Di dalam demokrasi ini kan mereka rakyat, komunitas, bisa menyampaikan aspirasinya. Tetapi dalam konstitusi partai, Ibu Megawati yang akan mempertimbangkan dengan jernih, ujar Hasto di Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 27 Mei 2022.

Hasto menjelaskan, Megawati bakal mencari pemimpin yang berani tanggung jawab, berani memikul beban yang tidak ringan, serta ikut menentukan arah politik dari 270 juta rakyat Indonesia ke depan.

Meski begitu, Hasto tak menutup kemungkinan duet Ganjar-Puan akan terwujud. Sebab, mereka memiliki pengalaman mengusung pasangan Ahok-Djarot yang keduanya sama-sama berasal dari PDI Perjuangan pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

Ini dinamika hal yang wajar, dulu Mas Djarot di Pilkada DKI berdinamika. Dinamika itu sehat, kata Hasto.

Lebih lanjut, soal tudingan yang menyebut hubungan antara Ganjar Pranowo dengan partainya mulai renggang, Hasto membantahnya. Menurut dia hal itu hanya persepsi di masyarakat saja. Sebab, Hasto menyebut Ganjar merupakan politikus yang lahir dari PDI Perjuangan.

Renggang, dekat, jauh itu kan persepsi yang suatu skenario politik yang digalang pihak lain, kata Hasto.

Dukungan kepada pasangan Ganjar-Puan muncul dari sejumlah kader PDIP di berbagai  daerah. Mereka bahkan telah membentuk Laskar Ganjar-Puan untuk menghadapi Pilpres 2024. 

Politikus senior PDI Perjuangan Saleh Ismail Mukadar yang mengaku sebagai inisiator kelompok relawan itu menyatakan gelisah dengan gesekan antar kader partainya akibat perebutan kursi calon presiden oleh Ganjar Pranowo dan Puan Maharani. Karena itu, menyandingkan keduanya dianggap sebagai jalan terbaik. 

Ganjar Pranowo memang kerap disebut sebagai salah satu tokoh dengan elektabilitas tertinggi untuk menghadapi Pilpres 2024. Sementara Puan yang menjabat sebagai Ketua DPR RI, elektabilitasnya masih berada jauh di Ganjar. 

PDIP sendiri merupakan satu-satunya partai yang bisa mengajukan calon presiden dan wakil presiden secara mandiri. Pasalnya, partai berlambang banteng itu telah memenuhi Presidential Threshold menurut Undang-Undang Pemilu, yaitu 20 persen dari kursi DPR RI. Dengan begitu, mereka disebut bisa saja mengajukan Ganjar Pranowo dan Puan Maharani sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024. 

Baca: Megawati Absen Pada Pernikahan Adik Jokowi, Hasto: PDIP Tidak Diundang

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini


https://nasional.tempo.co/read/1595793/soal-peluang-pdip-usung-ganjar-puan-hasto-ungkit-duet-ahok-djarot

Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1595793/soal-peluang-pdip-usung-ganjar-puan-hasto-ungkit-duet-ahok-djarot
Tokoh

















Graph