Hari Lanjut Usia Nasional 2022: Tema, Logo dan Kegiatan Tahun Ini

  • 27 Mei 2022 21:54:53
  • Views: 9

Jakarta -

Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) diperingati tanggal 29 Mei setiap tahunnya. Tujuan peringatan ini untuk memberikan perhatian lebih lanjut kepada masyarakat lanjut usia.

Lalu, bagaimana sejarah lahirnya peringatan Hari Lanjut Usia Nasional? Simak informasinya berikut ini.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Sosial (Kemensos), Hari Lanjut Usia Nasional adalah bentuk apresiasi negara Republik Indonesia pada semangat jiwa raga, peran penting, dan strategi para lanjut usia Indonesia dalam kiprahnya mempertahankan kemerdekaan. Peringatan ini sebagai penghargaan untuk mereka.

Adanya peringatan Hari Lanjut Usia Nasional terinisiasi atas peran dari Dr. KRT. Radjiman Widyodiningrat yang memimpin sidang BPUPKI tanggal 29 Mei 1945. Sebagai anggota paling tertua dengan kearifannya, ia mencetuskan gagasan perlunya dasar filosifis negara Indonesia. HLUN dicanangkan secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 29 Mei 1996 di Semarang.

Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2021 tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan menjadi dasar pemerintah untuk memberikan perhatian khusus kepada lanjut usia (lansia) dan menjadi mandat untuk mewujudkan lanjut usia yang sejahtera, mandiri, dan bermartabat.

Tema dan Logo Hari Lanjut Usia Nasional Ke-26

Kemensos membagikan pedoman Hari Lanjut Usia Nasional 2022 ke-26 melalui laman resminya. Dikutip dari laman Kemensos tersebut, tema dari Hari Lanjut Usia Nasional 2022 adalah Lansia Sehat, Indonesia Kuat.

Bagi Kementerian/Lembaga dan Pemerintahan Daerah masing-masing, diperbolehkan membuat subtema yang disesuaikan sendiri. Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional 2022 memiliki nuansa berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, di mana pada tahun ini akan ada banyak kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat terutama untuk lanjut usia.

Kegiatan Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional 2022

Melalui Rangkaian Pelaksanaan Kegiatan Hari Lanjut Usia Nasional 2022 yang telah dibagikan Kemensos, acara HLUN ke-26 secara serentak dilaksanakan pada 39 titik Kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya disertai Layanan Terpadu. Kegiatan HLUN 2022 yang ke-26 diadakan pada Minggu, 29 Mei 2022.

Berikut daftar kegiatannya.

  • Renovasi Rumah Lansia
  • Pelayanan Kesehatan
  • Operasi Katarak Gratis 300+ Lansia
  • Pemberian Bantuan Aksesibilitas: Kursi Roda, Kacamata,
  • Alat Bantu Dengar, Tongkat Pintar
  • Bantuan Sandang, Nutrisi dan obat-obatan
  • Bantuan PKH dan Sembako
  • Perekaman e-KTP serta Kegiatan Donor Darah.

Publikasi kegiatan pelaksanaan HLUN Ke-26 Tahun 2022 akan disiarkan secara langsung dari RS Singaparna Medika Citrautama (SMC) Kabupaten Tasikmalaya. Selain itu, Biro Humas Kemensos RI akan membagikan rangkaian kegiatan HLUN 2022 melalui media online, media sosial, cetak dan elektronik, pemasangan spanduk, umbul-umbul, banner mulai tanggal 19 Mei 2022.

Demikian informasi Hari Lanjut Usia Nasional 2022 beserta tema, logo, dan kegiatannya tahun ini. Semoga bermanfaat!

(kny/imk)

https://news.detik.com/berita/d-6098145/hari-lanjut-usia-nasional-2022-tema-logo-dan-kegiatan-tahun-ini

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6098145/hari-lanjut-usia-nasional-2022-tema-logo-dan-kegiatan-tahun-ini
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries Kemensos,
organizations BPUPKI,
products kacamata, KTP, sembako,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, JAWA TENGAH,
cities Semarang, Tasikmalaya,