PDIP Anggap Dukungan Jokowi ke Ganjar Pranowo Sekadar Ice Breaking

  • 27 Mei 2022 21:04:55
  • Views: 8

TEMPO.CO, Jakarta - Sinyal dukungan dari Presiden Jokowi terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam acara Rakernas V relawan Projo pekan lalu ditanggapi oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. Menurut Hasto, pernyataan itu hanya untuk menghangatkan suasana rakrenas. 

Ya di dalam (acara itu), Pak Jokowi kan ice breaking. Kalau dalam teori komunikasi itu ice breaking, ujar Hasto di Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 27 Mei 2022.

Sebelumnya, saat membuka Rakernas V, Jokowi meminta Projo tidak buru-buru memutuskan memberikan dukungan kepada calon tertentu. Pasalnya, menurut dia, hingga saat ini belum ada partai politik yang menentukan siapa tokoh yang akan diusung.

Makanya, untuk urusan politik, ojo kesusu sik. Jangan tergesa-gesa. Meskipun mungkin yang kita dukung ada di sini, ujar Jokowi disambut teriakan Projo sambil menyebut nama Ganjar yang juga hadir dalam acara itu.

Sejumlah lembaga survei menyebut nama Ganjar Pranowo sebagai politikus PDIP dengan elektabilitas tertinggi. Ganjar bahkan diprediksi bisa memenangkan Pilpres 2024. 

Hasto memastikan bahwa PDIP tak akan melakukan penetapan calon presiden hingga tahun depan. Pasalnya, Komisi Pemilihan Umum baru akan pembukaan pendaftaran untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Oktober 2023. 

Ketimbang berbicara soal Pilpres 2024, menurut Hasto, mereka akan berkonsentrasi untuk membantu pemerintahan Presiden Jokowi untuk memulihkan kondisi ekonomi saat ini. Selain itu, PDIP juga masih akan melakukan konsolidasi internal untuk pemenangan Pemilu 2024. 

Karena itu lebih baik energi kita saat ini digunakan untuk mempercepat pergerakan perekonomian rakyat pasca pandemi, ujar Hasto.

Hasto juga menyatakan bahwa PDIP tak akan membangun koalisi. Hanya saja, dia menyebutkan bahwa PDIP akan membangun kerja sama politik berbasiskan ideologi. 

Soal Partai Golkar, PPP, dan PAN yang telah membentuk Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB, Hasto pun menyatakan mereka tak merasa ditinggalkan.  Menurut Hasto, PDIP merupakan partai yang menyatukan.

Sehingga ketika ada yang bergerak keluar, kami rangkul. Sehingga semua di dalam satu barisan dalam mendukung pemerintahan Pak Jokowi - Ma'ruf Amin. Jadi justru kami yang menarik, tidak pernah meninggalkan, kami tidak pernah ditinggalkan, kata Hasto.

Selain Ganjar Pranowo, PDI Perjuangan juga disebut masih memiliki calon lainnya, Puan Maharani. Akan tetapi elektabilitas Ketua DPR RI dan putri dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu disebut masih jauh tertinggal dari Ganjar. 

Baca: Hasto Kristiyanto Pastikan PDIP Tak Akan Bahas Capres Sampai Tahun Depan

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini


https://nasional.tempo.co/read/1595776/pdip-anggap-dukungan-jokowi-ke-ganjar-pranowo-sekadar-ice-breaking

Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1595776/pdip-anggap-dukungan-jokowi-ke-ganjar-pranowo-sekadar-ice-breaking
Tokoh













Graph

Extracted

persons Ganjar Pranowo, Hasto Kristiyanto, joko widodo, Ma'ruf Amin, Puan Maharani, Sukamto,
companies ADA, Google,
ministries DPR RI, Fraksi PDIP, KPU, MA, MPR RI,
parties Golkar, PAN, PDIP, PPP,
topics Pemilu 2024,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cities Senayan,