Megawati Ingatkan Dunia Internasional Pentingnya Penguatan Mitigasi Bencana

  • 27 Mei 2022 20:49:56
  • Views: 8

Liputan6.com, Jakarta Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri mengajak seluruh dunia dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) saling membantu memperkuat mitigasi bencana di tengah ancaman pemanasan global.

Menurut dia, perlu penguatan fungsi seperti BMKG di dunia internasional. Karenanya, Megawati mengajak seluruh warga dunia berefleksi kondisi bumi dengan memakai perspektif orang Bali mengenai penderitaan bumi.

Melalui forum ini pula, saya mendorong pentingnya penggalangan dan kerjasama internasional melalui PBB. Misalnya dengan memperkuat Organisasi Metereologi Dunia (World Metereological Organization - WMO) yang terintegrasi dengan BMKG di semua negara, kata dia pidato di Pertemuan Global PBB tentang Pengurangan Resiko Bencana ke-7 Tahun 2022 secara daring, Jumat (27/5/2022).

Ketua Umum PDIP ini memandang perlu kerjasama untuk meningkatkan kapabilitas mitigasi bencana. Yaitu, capacity building manajemen penanggulangan bencana, serta kemampuan dalam memprediksi bencana akibat tsunami, badai siklon, dan bencana iklim lainnya.

Hal yang tidak kalah mendesak adalah perluasan fungsi BMKG di negara-negara berkembang didalam prakiraan iklim bagi kepentingan pertanian dan mitigasi bencana, ujar Megawati.

Kerjasama internasional ini, kata dia, merupakan bagian kepribadian bangsa bagi Indonesia. Serta tugas Indonesia bagi kepentingan umat manusia sedunia.

Kami memiliki falsafah Pancasila. Di dalamnya terkandung nilai ketuhanan, kemanusiaan, nasionalisme, demokrasi, dan keadilan sosial. Dengan falsafah ini, bangsa Indonesia telah membuat sejarah dengan menyelenggarakan Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955, jelas Megawati.

Atas dasar hal tersebut, marilah kita mantapkan solidaritas seluruh bangsa, seluruh negara. Perkuatlah kerjasama seluruh civil society, kerja sama seluruh perguruan tinggi bagi pengembangan riset dan inovasi untuk kepentingan umat manusia sedunia. Terima kasih atas seluruh kontribusi pemikiran dan tekad memperkuat kerjasama internasional bagi dunia yang damai, lestari, asri, dan teruslah perkuat kesadaran menjaga keseimbangan hidup planet bumi yang kita cintai ini, ucapnya.

 

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengaku sedih banyak orang yang menjelekkan Presiden Joko Widodo.


https://www.liputan6.com/news/read/4972760/megawati-ingatkan-dunia-internasional-pentingnya-penguatan-mitigasi-bencana

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4972760/megawati-ingatkan-dunia-internasional-pentingnya-penguatan-mitigasi-bencana
Tokoh







Graph

Extracted

persons Badai, joko widodo, Megawati Soekarnoputri,
companies WhatsApp,
ministries BMKG,
parties PBB, PDIP,
topics Tsunami,
products Pancasila,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,