Hasto Kristiyanto Pastikan PDIP Tak Akan Bahas Capres Sampai Tahun Depan

  • 27 Mei 2022 20:06:39
  • Views: 12

TEMPO.CO, Jakarta - Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto memastikan partainya tidak akan membahas soal pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Pemilu 2024, hingga tahun depan. Sebab, Hasto menyebut pendaftaran nama capres dan cawapres di KPU baru bakal dibuka pada Oktober 2023.

Karena itu lebih baik energi kita saat ini digunakan untuk mempercepat pergerakan perekonomian rakyat pasca pandemi, ujar Hasto di Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 27 Mei 2022.

Mengenai mulai munculnya partai yang membentuk koalisi untuk menghadapi Pemilu 2024, Hasto mengatakan partainya tidak mengenal sistem koalisi. Alih-alih menggunakan istilah tersebut, Hasto menyebut partainya bakal membangun kerja sama sistem politik ala Indonesia dengan berlandaskan demokrasi dan Pancasila, sesuai arahan dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Hasto menjelaskan, sistem tersebut menjadi pedoman bagi partainya dalam membangun kerja sama dengan partai politik. Selain aspek Pancasila, PDI Perjuangan juga akan bekerja sama dengan partai yang menjunjung komitmen terhadap konstitusi, kebhinekaan Indonesia dan NKRI. 

Juga dari perspektif historis mereka yang telah berkeringat dalam memerdekakan bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, menjadi mitra strategis bagi PDIP, sehingga kerja sama itu dilakukan dalam perspektif ke sana, kata Hasto.

Selain itu, Hasto menyebut PDI Perjuangan tidak merasa ditinggalkan oleh Partai Golkar, PPP, dan PAN yang membentuk Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB. Menurut Hasto, PDIP merupakan partai yang menyatukan.

Sehingga ketika ada yang bergerak keluar, kami rangkul. Sehingga semua di dalam satu barisan dalam mendukung pemerintahan Pak Jokowi - Ma'ruf Amin. Jadi justru kami yang menarik, tidak pernah meninggalkan, kami tidak pernah ditinggalkan, kata Hasto.

Sejumlah lembaga survei sebelumnya kerap menyebut politikus PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, sebagai salah satu kandidat kuat pemenang Pilpres 2024. Ganjar disebut memiliki elektabilitas tertinggi diantara calon-calon lainnya. 

Gubernur Jawa Tengah itu juga telah mendapatkan sinyal dukungan dari Presiden Jokowi. Pada Rapat Kerja Nasional V kelompok relawan Projo di Magelang pekan lalu, Jokowi sempat meminta para relawan bersabar namun memberikan sinyal dukungan kepada Ganjar. 

Selain Ganjar Pranowo, PDI Perjuangan juga disebut masih memiliki calon lainnya, Puan Maharani. Akan tetapi elektabilitas Ketua DPR RI dan putri dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu disebut masih jauh tertinggal dari Ganjar. 

Baca: Rakernas PDIP Diundur Karena Menunggu Hasil Rakercab dan Rakerda 

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.


https://nasional.tempo.co/read/1595759/hasto-kristiyanto-pastikan-pdip-tak-akan-bahas-capres-sampai-tahun-depan

Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1595759/hasto-kristiyanto-pastikan-pdip-tak-akan-bahas-capres-sampai-tahun-depan
Tokoh













Graph

Extracted

persons Ganjar Pranowo, Hasto Kristiyanto, joko widodo, Ma'ruf Amin, Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani,
companies ADA, Google,
ministries DPR RI, KPU, MA,
parties Golkar, PAN, PDIP, PPP,
topics NKRI, Pemilu 2024,
products Pancasila,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cities Senayan,