Profil Buya Syafii Maarif, Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Sekaligus Cendekiawan Muslim Indonesia

  • 27 Mei 2022 18:36:45
  • Views: 11

PIKIRAN RAKYAT - Ketua umum PP Muhammadiyah periode 1998-2005, Ahmad Syafii Maarif atau akrab disapa Buya Syafii Maarif meninggal dunia pagi tadi Jumat 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB.

Ia wafat di RS PKU Muhammadiyah, Gamping, Yogyakarta pada usia 86 tahun. Jenazah akan dimakamkan di Pemakaman Khusnul Khotimah milik Muhammadiyah yang berlokasi di Dusun Donomulyo, Kulon Progo setelah disemayamkan di Masjid Gede Yogyakarta.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir menyampaikan duka cita atas meninggalnya tokoh besar Indonesia itu.

Baca Juga: Takut Mubazir Jadi Alasan Kiwil Menggondol 200 Ubin dan Microwave dari Rumah Mantan Istri

Semoga beliau husnul khatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dilapangkan kuburnya, dan ditempatkan di jannatun na'im. Mohon dimaafkan kesalahan beliau dan doa dari semuanya, kata Haedar sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman resmi PP Muhammadiyah.

Buya Syafii Maarif lahir di Sumur Kudus, Sumatera Barat pada 31 Mei 1935. Ia merupakan anak bungsu dari empat bersaudara pasangan Ma'rifah Rauf Datuk Rajo Malayu dan Fathiyah.

Pi'i, panggilan masa kecil Buya Syafii Maarif mulai menempuh pendidikan di Sekolah Rakyat Sumur Kudus. Ia sempat melanjutkan pendidikannya ke Madrasah Mualimin Muhammadiyah di Balai Tengah, Lintau, Sumatera Barat.

Baca Juga: Daftar Aplikasi Pinjol Ilegal yang Dibongkar Polda Metro Jaya

Pada usia 18 tahun, Buya Syafii Maarif merantau ke Jawa dan melanjutkan pendidikan di Madrasah Mualimin Yogyakarta.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014578771/profil-buya-syafii-maarif-mantan-ketua-umum-pp-muhammadiyah-sekaligus-cendekiawan-muslim-indonesia

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014578771/profil-buya-syafii-maarif-mantan-ketua-umum-pp-muhammadiyah-sekaligus-cendekiawan-muslim-indonesia
Tokoh









Graph

Extracted

persons Ahmad Syafii Maarif, Haedar Nashir, Khusnul Khotimah, Kiwil,
ministries MA, Polda Metro Jaya,
organizations Muhammadiyah,
religions Islam,
products Pinjol,
nations Indonesia,
places DI YOGYAKARTA, JAWA TENGAH, SUMATERA BARAT,
cities Kudus, Kulon Progo, Yogyakarta,