Warga Jakpus Keluhkan Suara Bising Kafe, Camat Akan Panggil Manajemen

  • 27 Mei 2022 18:24:30
  • Views: 11

Jakarta -

Warga Kelurahan Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus), mengeluhkan suara bising yang berasal di sebuah kafe. Warga mengaku kerap terganggu oleh suara dari kafe tersebut.

Itu karena ada kafe di hotel yang ada di wilayah kita. Kafe itu artinya memakai live music. Kebetulan mereka berada di lantai 11 gedung hotel itu. Berarti kan outdoor ya. Kalau outdoor, itu kan suaranya bisa ke mana-mana, kata Ketua RW 01 Kelurahan Kampung Bali Olan Rahadian kepada wartawan, Jumat (27/5/2022).

Olan mengatakan warga terganggu suara tersebut saat ingin beristirahat. Dia menyebut suara bising itu terdengar sampai tengah malam.

Ya efektifnya sih habis Isya acara live music itu. Hari biasa itu sampai jam 21.00 WIB, hari berikutnya atau malam libur okelah kita toleransi sampai jam 22.00 WIB masih bisa. Tapi kadang-kadang jam 11-12 masih terdengar. Ini permukiman penduduk kalau makin malam kan artinya istirahat warga kita terganggu, katanya.

Olan mengatakan pihaknya telah mencoba mendatangi manajemen kafe, namun tidak mendapatkan respons. Dia menyebut, selain di RW 10, warga RW 8 dan 9 mengeluhkan suara tersebut.

Artinya, dengan persuasif datang beberapa kali setiap ada live music, minta mereka mengecilkan suara karena memang di sini ada permukiman, memang adanya di wilayah RW 10 Kampung Bali, tapi kan kita masih berdampingan dengan RW 09 dan RW 08, otomatis suara itu juga mereka terdampak, katanya.

Menurutnya, suara bising tersebut telah terjadi selama 5 tahun terakhir. Namun sempat terhenti pada saat pandemi COVID-19.

Saya udah coba dari dia berdiri kafe itu sekitar kurang lebih 5 tahun kepotong pandemi dua tahun, itu kita udah aman alhamdulillah, artinya kegiatan mereka juga gak maksimal pas pandemi okelah. Setelah itu kok ada lagi, kata Olan.

Dia mengatakan masyarakat memberikan izin karena pada awalnya pihak manajemen mengaku membangun restoran. Namun, setelah beberapa bulan, restoran tersebut berubah menjadi sebuah kafe.

Memang awal mereka ada restoran di atas itu awalnya restoran izin ke saya, saya bilang untuk apa? Restoran, oke saya bantu. Tapi kok setelah beberapa bulan ganti manajemen seperti apa ya suara hotel itu, di situ ada perubahan, kok jadi kafe, katanya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.


https://news.detik.com/berita/d-6098387/warga-jakpus-keluhkan-suara-bising-kafe-camat-akan-panggil-manajemen

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6098387/warga-jakpus-keluhkan-suara-bising-kafe-camat-akan-panggil-manajemen
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
places DKI Jakarta,
cities Kampung Bali, Tanah Abang,
cases covid-19,