Inovasi Telkomsel Buka Peluang Ekosistem Digital di Indonesia

  • 27 Mei 2022 18:08:08
  • Views: 6

Jakarta, CNBC Indonesia - Telkomsel merayakan hari jadinya yang ke-27 dan mempersembahkan logo desain yang mengusung semangat 'Buka Semua Peluang'. Telkomsel mempersembahkan desain tersebut bersamaan dengan empat pilar komitmen kemajuan yakni progress, transformasi, kolaborasi, dan ekspansi.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam menjelaskan pada pilar progress, Telkomsel berupaya  tetap relevan dengan berbagai perubahan di masyarakat yang berdampak positif pada keberlangsungan bisnis. Salah satunya dengan konsisten menghadirkan produk dan layanan yang customer-centric.

Tahun lalu, Telkomsel telah menggabungkan seluruh brand prabayar (simPATI, Kartu As dan Loop) menjadi brand Telkomsel PraBayar. Telkomsel juga telah mengembangkan produk baru untuk menyentuh segmen pelanggan yang lebih luas, seperti Telkomsel Orbit untuk menyentuh segmen keluarga, jelas dia dalam keterangan tertulis, Jumat (27/5/2022).

Di samping itu, pada awal 2022 Telkomsel memastikan proses upgrade seluruh jaringan 3G ke 4G/LTE akan tercapai secara merata hingga pelosok negeri yang ditargetkan selesai pada akhir 2022.

Pada tahun lalu, Telkomsel juga telah menjadi perusahaan telekomunikasi seluler pertama yang menggelar layanan komersial 5G secara bertahap dan terukur, yang kini telah dinikmati di sejumlah titik potensial di lebih dari sembilan kota besar di Indonesia, ungkap Hendri.

Kemudian pada pilar transformation, Telkomsel ingin menegaskan kembali peta jalan transformasi perusahaan yang telah diusung dalam beberapa tahun terakhir. Yakni bertransformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia.

Menurut Hendri, komitmen tersebut secara konsisten telah diwujudkan dengan menghadirkan beragam inovasi, solusi layanan, dan platform berbasis digital. Mulai dari layanan Digital Lifestyle (MAXstream, LangitMusik, Dunia Games), super app MyTelkomsel, Mobile Financial Services (LinkAja), Digital Banking (Telkomsel redi), Digital Advertising (TADEX, Location Based Advertising dan lain sebagainya), solusi digital UMKM (99% Usahaku), solusi bisnis untuk segmen enterprise (CloudX, NB-IoT, FleetSight Management, dan lainnya) hingga yang terbaru solusi pembiayaan buy now pay later/BNPL (Telkomsel Paylater).

Sementara pada pilar collaboration, Telkomsel secara konsisten terus menjadikan kolaborasi sebagai salah satu landasan untuk pengembangan perusahaan di tengah iklim industri telekomunikasi yang semakin dinamis. Melalui prinsip tersebut, Telkomsel menjalin sinergi dalam mengembangkan berbagai solusi dan inovasi layanan lintas industri, seperti bersama pelaku industri perbankan, pelaku bisnis digital, hingga menjalin skema coopetition bersama penyedia platform Over The Top/OTT.

Kolaborasi juga dibangun Telkomsel dengan menjalankan sejumlah strategic investment melalui anak perusahaan yang bergerak di bidang corporate venture, yakni Telkomsel Mitra Inovasi (TMI). Di mana TMI telah mendanai dan bersinergi dengan beberapa startup seperti Kredivo, PrivyID, Gojek, Halodoc, SiCepat, Roambee, dan lain sebagainya.

Terakhir adalah pilar expansion, yakni guna memastikan keberlanjutan peta jalan transformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital. Adapun Telkomsel telah meluncurkan sejumlah inisiatif yang mempertegas langkah perusahaan untuk mengembangkan bisnis di industri digital.

Hal tersebut telah ditunjukkan melalui pembentukan anak perusahaan baru dengan identitas brand perusahaan yakni INDICO.

Memiliki fokus utama meningkatkan inovasi digital yang customer-centric, INDICO mengambil posisi sebagai digital powerhouse yang dapat memperluas kapabilitas Telkomsel selain di bisnis konektivitas dengan menciptakan flywheel effect innovation dalam mengembangkan solusi digital lintas sektor melalui pemanfaatan aset dan kapabilitas teknologi telekomunikasi, jelas Hendri.

Dia mengungkapkan, pada tahap awal pengembangannya, INDICO menjadi holding company bagi tiga anak perusahaan dari portofolio bisnis vertikal Telkomsel yang sedang berkembang di sektor digital, yakni kesehatan (health-tech) melalui layanan aplikasi Fita, pendidikan (edu-tech) melalui layanan aplikasi Kuncie, dan sektor mobile gaming melalui anak usaha Majamojo. Peran INDICO sebagai digital initiative enabler & orchestrator sangat vital untuk membuka jalan dan mengawal potensi besar ketiga anak usaha tersebut dalam mendorong perekonomian digital nasional.

Dia menambahkan, transformasi Telkomsel hingga di usia 27 tahun saat ini juga didukung oleh aset perusahaan yang paling utama, yakni sumber daya manusia atau dalam hal ini para karyawannya. Telkomsel secara berkelanjutan terus berupaya memastikan peningkatan kapabilitas digital karyawan, baik secara teknis, maupun dari sisi integritas

Dengan sejumlah program internal yang terukur dan terencana, seperti saat ini melalui program TINC Polaris dan Transformational Expert Development (TED) Academy, Telkomsel berharap hadirnya inovasi dari para karyawan dapat memberikan kontribusi bagi penguatan ekosistem digital hingga menjadi lebih inklusif dan berkelanjutan, papar Hendri.

Sebagai bagian dari rangkaian kemeriahan hari jadi ke-27 sekaligus mengapresiasi seluruh pelanggan setia, Telkomsel dalam waktu dekat akan menggelar sejumlah kegiatan dan program spesial, di antaranya Customer Day dan Telkomsel Awards 2022.

Customer Day 2022 merupakan program yang dipersembahkan kepada pelanggan Telkomsel dam akan diselenggarakan di kota Bandung, Surabaya, Palembang dan Makassar. Program ini menghadirkan apresiasi serta pelayanan terbaik secara berkelanjutan melalui beragam penawaran menarik, seperti promo produk dan layanan digital unggulan Telkomsel, Talkshow, Artist performance, 5G Showcase, dan lainnya.

Sementara Telkomsel Awards 2022 dihadirkan Telkomsel untuk memberikan apresiasi kepada para insan yang telah banyak menginspirasi melalui karya dan prestasi, seperti di bidang musik, film, dan esports, yang diharapkan dapat mendorong semangat baru agar dapat terus konsisten berkontribusi dalam memberikan dampak positif bagi bangsa.

Kami bersyukur dapat memaknai kehadiran Telkomsel di setiap fase kehidupan masyarakat sebagai sebuah amanah yang akan terus kami jaga kebermanfaatannya. Telkomsel berharap dapat semakin bertumbuh dan berkembang dengan menghadirkan berbagai solusi digital melalui produk dan layanan inovatif, yang dapat membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi bangsa di masa mendatang. Telkomsel akan terus memperkuat tujuan perusahaan sebagai digital ecosystem enabler, memperluas portofolio bisnis digitalnya, sekaligus mengambil peran dalam mendorong dan mendukung pertumbuhan bisnis untuk memperkuat ekosistem digital nasional, kata Hendri.

Sebagai informasi, Telkomsel mampu tumbuh untuk terus hadir mendampingi seluruh pelanggan. Saat ini jumlah pelanggan Telkomsel 175 juta pelanggan serta pembangunan infrastruktur broadband terdepan mencapai 247.000 BTS.

Dari sejumlah BTS tersebut sebagian besarnya sudah terhubung teknologi broadband 4G/LTE dengan jangkauan lebih dari 96% wilayah populasi di Indonesia.

Kepercayaan pelanggan turut berdampak pada transformasi Telkomsel dan peningkatan bisnis digitalnya yang kini mampu berkontribusi lebih dari 79% dari total pendapatan perusahaan. Capaian tersebut sekaligus menegaskan komitmen Telkomsel untuk bertumbuh dan berkembang mendorong penguatan kapabilitas dari new engine growth beyond connectivity, pungkas dia.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Keren! Omni Channel Telkomsel, Bisa Beli Kuota Lewat QR Code


(rah/rah)

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220527160957-37-342385/inovasi-telkomsel-buka-peluang-ekosistem-digital-di-indonesia

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220527160957-37-342385/inovasi-telkomsel-buka-peluang-ekosistem-digital-di-indonesia
Tokoh

Graph