Kenang Buya Syafii, Kepala BPIP: Tulisannya Jadi Oase bagi Publik

  • 27 Mei 2022 17:54:33
  • Views: 6

Jakarta -

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi menyampaikan ucapan duka cita atas berpulangnya Buya Syafii Maarif. Menurut Yudian, Buya Syafii dikenal sebagai ulama kharismatik sekaligus pemikir Islam Kontemporer di masanya.

Bagi Yudian, Buya Syafii juga menjadi guru bagi dan juga berperan menghantarkan dirinya memperoleh beasiswa untuk studi lanjut di McGill University dan mengajar di School of Law, Harvard University.

Berpulangnya Buya Syafii merupakan kehilangan besar bagi Bangsa Indonesia. Tulisan dan gagasan beliau yang mengedepankan hati nurani di atas kepentingan politik sesaat selalu menjadi oase bagi apatisme publik, ungkap Yudian dalam keterangan tertulis, Jumat (27/5/2022).

Lebih lanjut, Buya Syafii juga telah menulis lebih dari puluhan buku yang sebagian besar mengulik isu pembumian Islam, pendidikan, hingga Kebhinekaan.

Seperti bukunya yang berjudul; Islam dan Masalah Kenegaraan: Studi tentang Percaturan dalam Konstituante (1985), Islam dalam Bingkai Keindonesiaan dan Kemanusiaan: Sebuah Refleksi Sejarah (2009), Peta Bumi Intelektualisme Islam di Indonesia (1993), Membumikan Islam (2019) dan karya-karya lainnya.

Melalui karya-karya dan kontribusinya pada tahun 2008 Buya Syafii juga dianugerahi penghargaan Ramon Magsaysay dari pemerintah Filipina.

Buya juga pernah memimpin Muhammadiyah dengan ditunjuk sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah dari tahun 2000 hingga tahun 2005. Sementara pada tahun 2017 Buya Syafii dilantik sebagai Dewan Pengarah BPIP RI yang saat itu masih bernama Unit Kerja Presiden (UKP) Pembinaan Ideologi Pancasila.

Melalui BPIP inilah Buya selalu menyumbangkan pemikiran-pemikirannya baik melalui tulisan hingga diskusinya bersama dengan para Dewan Pengarah BPIP lainnya.

Buya Syafii dimakamkan hari ini, (27/5) di Pemakaman Khusnul Khotimah, Dukuh Donomulyo, Nanggulan, Kulon Progo.

(ega/ega)

https://news.detik.com/berita/d-6098343/kenang-buya-syafii-kepala-bpip-tulisannya-jadi-oase-bagi-publik

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6098343/kenang-buya-syafii-kepala-bpip-tulisannya-jadi-oase-bagi-publik
Tokoh







Graph

Extracted

persons Ahmad Syafii Maarif, Khusnul Khotimah, Yudian Wahyudi,
ministries BPIP,
organizations Muhammadiyah,
religions Islam,
products Ideologi Pancasila, Pancasila,
nations Filipina, Indonesia,
places DI YOGYAKARTA, DKI Jakarta,
cities Dukuh, Kulon Progo,