Stasiun Manggarai Layani Kereta Api Jarak Jauh, Bagaimana Nasib Stasiun Gambir?

  • 27 Mei 2022 17:04:58
  • Views: 11

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Perhubungan menjelaskan secara gamblang soal rencana pengoperasian Stasiun Manggarai untuk kereta api jarak jauh. 

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jakarta dan Banten 3, Rode Paulus Gagok, menyebutkan pengoperasian Stasiun Manggarai untuk kereta jarak jauh masih menunggu studi perencanaan yang dilaksanakan tahun 2023 mendatang. 

Saat ini, Kementerian Perhubungan telah berkoordinasi dengan Pemda DKI terkait pengadaan lahan untuk penataan kawasan dan akses dari serta menuju stasiun itu.

Dengan begitu, pada saat pembangunan Stasiun Manggarai selesai dan bisa melayani KA Jarak jauh pada akhir tahun 2025, aksesnya sudah siap, kata Rode dalam keterangan tertulis kepada Tempo, Kamis, 26 Mei 2022. 

Ditanya soal penataan Stasiun Manggarai nantinya, Rode berujar bahwa semua akan dilakukan setelah studi penataan kawasan yang akan selesai pada akhir 2023. 

Informasi terkait teknis persiapan meliputi berapa kebutuhan lahan, dimana saja lokasi yang akan ditertibkan, desain jalan akses, dan lain-lain akan diketahui setelah studi penataan kawasan selesai di akhir 2023, ujarnya.

Bila tak ada aral melintang, kata Rode, Stasiun Manggarai yang melayani kereta api jarak jauh akan diresmikan pada tahun 2025. Mohon doanya, tuturnya.

Bagaimana nasib Stasiun Gambir?

Rode menyatakan, seluruh informasi detail bagaimana operasional Stasiun Manggarai dan imbasnya akan disampaikan ke publik setelah studi kawasan rampung pada tahun 2023.


https://bisnis.tempo.co/read/1595713/stasiun-manggarai-layani-kereta-api-jarak-jauh-bagaimana-nasib-stasiun-gambir

Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1595713/stasiun-manggarai-layani-kereta-api-jarak-jauh-bagaimana-nasib-stasiun-gambir
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries Kemenhub, Kementerian Perhubungan,
organizations API,
fasums Stasiun Gambir,
products KRL,
places BANTEN, DKI Jakarta, NUSA TENGGARA TIMUR,
cities Gambir, Manggarai,
musicclubs APRIL,