Bank Dunia: Invasi Rusia ke Ukraina Jadi Pemicu Resesi Global

  • 27 Mei 2022 16:47:36
  • Views: 10

AKURAT.CO, Presiden Bank Dunia David Malpass memperingatkan invasi Rusia ke Ukraina dapat membuat harga pangan, energi, dan pupuk meroket, yang mana hal tersebut bisa memicu terjadinya resesi global.

Menurut Malpass, saat ini sungguh sulit untuk melihat bagaimana cara menghindari terjadinya resesi karena disaat yang sama lockdown di China membuatnya khawatir karena itu berpengaruh terhadap melambatnya pertumbuhan ekonomi.

Pernyataan Malpass menjadikan ini peringatan terbarunya atas meningkatnya risiko ekonomi dunia yang mungkin akan mengalami kontraksi. Ia juga mengacu pada Produk Domestik Bruto (PDB) global yang telah menunjukan tanda-tanda akan resesi.

baca juga:

PDB adalah ukuran untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi. Ini adalah salah satu cara terpenting untuk mengukur seberapa baik atau buruk kinerja ekonomi. PDB membantu sektor bisnis untuk menilai kapan harus memperluas dan merekrut lebih banyak pekerja atau sebesar apa berinvestasi.

Pemerintahan juga menggunakan PDB untuk membuat keputusan dalam segala hal mulai dari pajak hingga pengeluaran. PDB juga adalah salah satu ukuran bagi bank sentral mempertimbangkan apakah akan menaikkan atau menurunkan suku bunga.

Saat kita melihat Produk Domestik Bruto (PDB) global, sulit sekarang untuk melihat bagaimana kita menghindari resesi. Kenaikan harga energi dua kali lipat sudah cukup untuk memicu resesi dengan sendirinya, katanya, dikutip dari Reuters, Jumat (27/5/2022).

Sebulan yang lalu, Bank Dunia telah memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi global untuk tahun ini hampir satu persen penuh, menjadi 3,2%. Malpass juga mengatakan banyak negara Eropa masih terlalu bergantung pada Rusia untuk minyak dan gas.

Bahkan ketika negara-negara Barat terus maju dengan rencana untuk mengurangi ketergantungan mereka pada energi Rusia. Bos Bank Dunia ini juga mengatakan langkah Rusia untuk memotong pasokan gas dapat menyebabkan perlambatan substansial di Eropa.

Lebih lanjut, Malpass mengungkapkan harga energi yang tinggi sudah membebani Jerman, yang merupakan negara dengan ekonomi terbesar di Eropa dan terbesar keempat di dunia.Negara-negara berkembang juga terpengaruh oleh kekurangan pupuk, makanan dan energi.


https://akurat.co/bank-dunia-invasi-rusia-ke-ukraina-jadi-pemicu-resesi-global

Sumber: https://akurat.co/bank-dunia-invasi-rusia-ke-ukraina-jadi-pemicu-resesi-global
Tokoh

Graph

Extracted

companies Reuters,
ngos World Bank,
topics BOS, lockdown, Produk Domestik Bruto,
nations Jerman, Republik Rakyat Cina, Rusia, Ukraina,