Banjir Rob Melanda Daerah Pesisir Pantura, BNPB Laporkan 13 Kabupaten-Kota Terendam

  • 27 Mei 2022 16:37:08
  • Views: 6

PIKIRAN RAKYAT - Musibah banjir rob dan gelombang pasang telah dilaporkan terjadi di berbagai daerah pesisir sepanjang Pulau Jawa.

Terjadi sejak awal pekan ini, banjir rob dilaporkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), terjadi di hampir seluruh kabupaten/kota sepanjang pesisir Pantai Utara (Pantura).

BNPB lebih lanjut menyampaikan pihaknya akan fokus mengurangi risiko bencana dan dampak, terutama dengan membersihkan sumbatan sungai.

Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) fokus pada pengurangan risiko bencana dan meminimalisir dampak apabila terjadi bencana susulan dengan membuat penahan gelombang sementara, membersihkan sumbatan sungai dan melakukan normalisasi muara-muara sungai, kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Toyota Alphard KW Laris Manis di China, Terjual 3.000 Unit dalam Waktu Setengah Jam

Baca Juga: Viral Oknum Polwan Ancam Injak Warga hingga Mati, Desak Operasinya Tak Direkam

Diakui Abdul Muhari, BNPB melakukan berbagai antisipasi untuk mencegah bencana susulan di masing-masing daerah.

Lewat BPBD masing-masing daerah, Abdul mengaku telah mendirikan tenda pengungsian dan posko darurat bencana, dapur umum, dan tim percepatan penanganan bencana.

Sebagai upaya pengurangan risiko bencana, melalui pemantauan dan pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS), pembersihan sampah maupun material lain yang dapat menyumbat aliran air, monitoring kondisi tanggul, jalan dan jembatan di kawasan pesisir juga penting untuk dilakukan, ucapnya menjelaskan, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Adapun data yang dihimpun mengenai kabupaten/kota terdampak banjir rob, di antaranya Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, Kota Semarang, Kabupaten Demak, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati dan Kabupaten Rembang.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014577829/banjir-rob-melanda-daerah-pesisir-pantura-bnpb-laporkan-13-kabupaten-kota-terendam

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014577829/banjir-rob-melanda-daerah-pesisir-pantura-bnpb-laporkan-13-kabupaten-kota-terendam
Tokoh



Graph

Extracted

persons Abdul Muhari,
ministries BNPB, BPBD,
topics Banjir, Banjir ob,
nations Republik Rakyat Cina,
places JAWA TENGAH,
cities Batang, Brebes, Demak, Jepara, Kendal, Pati, Pekalongan, Pemalang, Rembang, Semarang, Tegal,
transportations Toyota Alphard,
brands Toyota,