Masjid Wal Aduna, Saksi Bisu Naiknya Air Laut di Jakarta

  • 27 Mei 2022 16:10:38
  • Views: 4

Jakarta: Banjir rob yang menghantui Ibu Kota DKI Jakarta seakan menjadi pengingat akan penurunan muka tanah. Wacana Jakarta akan tenggelam kini bukan lagi isapan jempol belaka. Salah satu buktinya adalah Masjid Wal Aduna di wilayah pesisir Jakarta yang tenggelam.
 
Masjid Wal Aduna yang berlokasi di Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, atau persis di balik tanggul di kawasan Sunda Kelapa menjadi saksi bisu bahwa wacana Jakarta akan tenggelam mungkin terjadi di kemudian hari. Masjid ini tenggelam sejak 12 tahun lalu. Kini, setengah dari badan masjid sudah tertutup air laut.
 
“Atap masjid sudah rusak. Sampah-sampah turut terbawa dan tersangkut di badan masjid. Ini menjadi saksi bahwa wacana Jakarta akan tenggelam perlu diperhatikan lagi, Reporter Metro TV Cicilia Sinabariba melaporkan dalam tayangan Metro Siang, Jumat, 27 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kondisi ini terjadi karena adanya kenaikan muka air laut yang disebabkan oleh pemanasan global yang mencairkan es di Kutub Utara dan Kutub Selatan. Penurunan muka tanah yang disebabkan oleh eksploitasi air tanah juga dapat menjadi pemicu lain. Bahkan peneliti dari ITB mengungkapkan muka air laut di wilayah Indonesia meningkat 3-8 milimeter per tahunnya.
 
Hal ini diharapkan bisa menjadi catatan bagi pemerintah maupun pihak-pihak terkait untuk lebih memperhatikan nasib wilayah pesisir Jakarta serta wilayah lainnya.
 
“Tidak hanya DKI Jakarta saja, wilayah yg berada di sekitar Pantai Utara Jawa yang tengah dilanda banjir rob juga harus diperhatikan, ujar Cicilia. (Fatha Annisa)
 

(MBM)


https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/GNlWVOBK-masjid-wal-aduna-saksi-bisu-naiknya-air-laut-di-jakarta

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/GNlWVOBK-masjid-wal-aduna-saksi-bisu-naiknya-air-laut-di-jakarta
Tokoh

Graph

Extracted

organizations Persis,
institutions ITB,
topics Banjir, Banjir ob,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Penjaringan,