Menlu Blinken Ungkap Strategi AS Hadapi Kebangkitan Cina

  • 27 Mei 2022 14:05:12
  • Views: 5

TEMPO.CO, Jakarta - Amerika Serikat tidak akan menghalangi Cina menumbuhkan ekonominya, asalkan mematuhi aturan internasional, kata Menteri Luar Negeri Antony Blinken dalam pidato yang telah lama ditunggu-tunggu tentang strategi AS untuk mengatasi kebangkitan Cina sebagai kekuatan besar.

Amerika Serikat  tidak akan mencoba mengubah sistem politik Cina, tetapi akan membela hukum dan institusi internasional yang menjaga perdamaian dan keamanan dan memungkinkan negara-negara untuk hidup berdampingan, katanya.

Kami tidak mencari konflik atau Perang Dingin baru. Sebaliknya, kami bertekad untuk menghindari keduanya, kata Blinken dalam pidato 45 menit di Universitas George Washington, membahas masalah bilateral yang kontroversial, Kamis, 26 Mei 2022.

Hubungan AS-Cina merosot ke level terendah dalam beberapa dekade di bawah mantan Presiden Donald Trump dan semakin memburuk di bawah Presiden Joe Biden, yang mempertahankan pengenaan tarif untuk barang-barang Cina sambil mengejar hubungan yang lebih dekat dengan sekutu untuk melawan Beijing.

Tujuh belas bulan dalam pemerintahannya, Biden menghadapi kritik dari Partai Republik dan beberapa pengamat kebijakan luar negeri karena tidak mengumumkan strategi formal hubungan dengan Cina, ekonomi terbesar kedua di dunia dan saingan strategis utama Washington.

Krisis luar negeri, termasuk penarikan AS dari Afghanistan tahun lalu dan perang Rusia di Ukraina, telah menciptakan gangguan bagi Biden, yang bersumpah untuk tidak membiarkan Cina melampaui Amerika Serikat sebagai pemimpin global di bawah.

Pemerintahannya berusaha memanfaatkan solidaritas baru dengan sekutu yang didorong oleh krisis Ukraina dan kemitraan tanpa batas yang diumumkan Cina dengan Rusia hanya beberapa minggu sebelum invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari.

'TANTANGAN JANGKA PANJANG PALING SERIUS'

Blinken mengatakan Cina merupakan tantangan jangka panjang paling serius bagi tatanan internasional.

Dia menguraikan kontur strategi untuk berinvestasi dalam daya saing AS dan menyelaraskan dengan sekutu dan mitra untuk bersaing dengan Cina.

Dia mengatakan pemerintahan Biden siap untuk meningkatkan komunikasi langsung dengan Beijing di berbagai masalah, dan akan merespons secara positif jika pejabat Cina mengambil tindakan untuk mengatasi masalah.

Tetapi kami tidak dapat mengandalkan Beijing untuk mengubah lintasannya. Jadi kami akan membentuk lingkungan strategis di sekitar Beijing untuk memajukan visi kami untuk sistem internasional yang terbuka dan inklusif, katanya.

Berikutnya: Tanggapan Cina


https://dunia.tempo.co/read/1595629/menlu-blinken-ungkap-strategi-as-hadapi-kebangkitan-cina

Sumber: https://dunia.tempo.co/read/1595629/menlu-blinken-ungkap-strategi-as-hadapi-kebangkitan-cina
Tokoh







Graph