Paguyuban Pedagang Pasar Hewan Jember Usulkan Pembentukan Satgas PMK

  • 27 Mei 2022 13:06:59
  • Views: 11

Jember (beritajatim.com) – Paguyuban Pedagang Pasar Hewan Kabupaten Jember, Jawa Timur, mengusulkan kepada Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan agar membentuk satuan tugas yang khusus menangani penyakit kuku dan mulut (PMK).

google.com, pub-9591068673925608, DIRECT, f08c47fec0942fa0

“Kami mendorong dibentuk satgas khusus pengawasan penyakit ini. Tapi actionnya belum ada, kata Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Hewan Kabupaten Jember Achmad One Prasetiono, ditulis Jumat (27/5/2022).

Para pedagang hingga saat ini tidak tahu seberapa serius wabah PMK di Kabupaten Jember. “Hasil laboratorium tidak kami tahu juga. Kecuali ditunjukkan ini positif kena virus, ini tidak kena. Kami tidak tahu, kami hanya menerima omongan telah terdampak. Informasi kurang terbuka, kata Prasetiono.

Prasetiono terus mendorong Dinas Peternakan untuk bekerja lebih serius dalam menangani penyakit ini. “Kemudian saya berharap dalam pembentukan satuan tugas khusus untuk kondisi ini, kami dilibatkan. Ayo kita bekerja bersama-sama untuk segera menanggulangi ini, katanya.

“Kalau tidak, maka kita semua akan rugi. Bukan hanya kami pedagang, peternak, penggembala, pencari rumput. Siapapun akan dirugikan. Jangan sampai kemarin manusianya kena virus (Covid) hingga ekonomi hancur lebur, sekarang kita kembali ke masa itu, kata Prasetiono.

Terakhir, sata Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur menunjukkan, ada 15 daerah yang masuk dalam kategori zona hijau PMK yakni Sampang, Pamekasan, Sumenep, Banyuwangi, Situbondo, Ngawi, Pacitan, Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Nganjuk, Kota Kediri, Kabupaten Kediri, Kota Blitar dan Kabupaten Blitar. Sedangkan, 23 daerah sisanya merupakan wilayah zona kuning PMK.

Berdasarkan data Posko Terpadu Penanganan PMK Hewan Ternak Pemprov Jatim per tanggal 24 Mei 2022 sebanyak 8.794 sapi terjangkit PMK. Dari total tersebut, sebanyak 1.482 sapi telah dinyatakan sembuh dari PMK.

Sedang untuk sebaran kasus PMK di Jatim, lima wilayah yang tercatat memiliki jumlah kasus PMK Hewan Ternak aktif yakni Lumajang dengan 1.595 kasus, Gresik dengan 1.531 kasus, Mojokerto dengan 1.175 kasus, Probolinggo dengan 972 kasus, dan Sidoarjo 862 kasus.

Dinas Peternakan Jember sudah melansir pada pekan lalu, bahwa sudah ditemukan sapi yang tertular virus PMK. Dinas Peternakan Jember segera menurunkan tim untuk mengecek jika ada ternak yang mengalami gejala-gejala PMK. “Masyarakat kami imbau juga supaya segera melaporkan kalau ada kasus yang mengarah ke PMK agar cepat kami melakukan penanganan, kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Peternakan Jember, Andi Praswoto. [wir/kun]


https://beritajatim.com/ekbis/paguyuban-pedagang-pasar-hewan-jember-usulkan-pembentukan-satgas-pmk/

Sumber: https://beritajatim.com/ekbis/paguyuban-pedagang-pasar-hewan-jember-usulkan-pembentukan-satgas-pmk/
Tokoh



Graph