Produksi Mangga di Pakistan Anjlok karena Perubahan Iklim

  • 27 Mei 2022 10:03:21
  • Views: 5

TEMPO.CO, Jakarta - Produksi mangga di Pakistan diperkirakan akan mengalami penurunan sampai 50 persen pada tahun ini. Kondisi ini akibat suhu yang sangat panas hingga terjadi kemarau.

Pada bulan ini, Paksitan mengalami gelombang panas dengan suhu di wilayah selatan negara itu mencapai 50 derajat celcius panasnya. Pakistan adalah sebuah negara wilayah Asia selatan.

Menurut Kementerian Perubahan Iklim Pakistan, negara itu mengalami lompatan musim dari musim dingin ke musim panas, tanpa mengalami musim semi.

Ilustrasi buah mangga segar. shutterstock.com

Ilmuwan memperingatkan ada lebih dari satu miliar orang yang berisiko terkena dampak gelombang panas di kawasan Asia selatan. Kondisi ini adalah salah satu dampak dari perubahan iklim.      

“Gelombang panas telah berdampak cukup besar pada tanaman di perkebunan karena temperatur pada 28 Maret itu sekitar 29 derajat celsius, namun tiba-tiba menembus angka 42 derajat celcius, kata Waheed Ahmed, Kepala Asosiasi Eksportir, Importir dan Merchants Pakistan Fruit and Vegetable.

Menurut Ahmed, gelombang panas saat ini telah membuat bunga di pohon-pohon mangga sangat terkena dampaknya. Imbasnya adalah Pakistan menghadapi penurunan produksi mangga hingga 50 persen pada tahun ini.  

Meskipun suhu panas bisa mematangkan buah kuning yang segar, namun kenaikan suhu yang terlalu cepat dan kurangnya pasokan air, bisa berdampak sangat parah pada tanaman mangga.

“Ketika buah belum matang, dibutuhkan air yang cukup untuk membantu mangga tumbuh dalam ukuran yang bagus. Sayangnya tidak ada air di Sindh, kata petani dan kontraktor mangga Gul Hassan, yang menanam mangga di Tando Allah Yar, wilayah selatan Provinsi Sindh.

Pakistan adalah produsen mangga terbesar kelima di dunia setelah India, Cina, Thailand dan Indonesia. Rata-rata produksi mangga Pakistan hampir 1,8 juta ton, namun pada tahun ini diperkirakan hasil produksi hanya separuh dari jumlah tersebut.   

  

Sumber: asiaone.com

Baca juga: Kementan Inisiasi Food Estate Mangga Pertama di Indonesia

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini.


https://dunia.tempo.co/read/1595456/produksi-mangga-di-pakistan-anjlok-karena-perubahan-iklim

Sumber: https://dunia.tempo.co/read/1595456/produksi-mangga-di-pakistan-anjlok-karena-perubahan-iklim
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Google,
ministries Kementan,
nations India, Indonesia, Pakistan, Republik Rakyat Cina, Thailand,
places DKI Jakarta,