5 Peran Penting Psikologi Trading untuk Kesuksesan Investasi

  • 27 Mei 2022 09:47:24
  • Views: 9

AKURAT.CO Keinginan untuk sukses di dalam investasi tidak bisa didapatkan secara instan. Di dalam prakteknya, kemampuan analisa saja tidak akan bisa membuat seseorang sukses dalam investasi. 

Penting untuk memahami faktor psikologi trading dengan baik sejak awal, agar kemampuan trading menjadi lebih maksimal. Hal ini tidak hanya mempengaruhi pengambilan keputusan saja, namun juga banyak hal lainnya di dalam aktivitas investasi itu sendiri. 

Berikut ini adalah beberapa peran penting dari psikologi trading bagi para investor:  

baca juga:

1. Pengendali Emosi 

Emosi menjadi poin penting yang menentukan kesuksesan seseorang dalam melakukan investasi. Secara garis besar ada 2 jenis emosi yang mempengaruhi aktivitas investasi, yakni: 

- Emosi ketakutan (pada risiko kerugian)

Ketakutan akan membuat investor takut mencoba berinvestasi. Atau, bisa juga takut untuk melepas aset yang pada dasarnya nilainya sudah mengalami penurunan, sehingga pada akhirnya menimbulkan kerugian yang bertambah besar di dalam keuangan. 

- Emosi keserakahan (dalam memperoleh keuntungan)

Keserakahan akan membuat investor ingin segera kaya, tanpa berpikir tentang berbagai faktor risiko yang mungkin terjadi dalam investasi. Hal ini akan membuat mereka gegabah dalam mengambil keputusan terkait investasi. Bukannya mendapatkan keuntungan, sikap yang tidak hati-hati seperti ini justru akan menimbulkan kerugian. 


https://akurat.co/5-peran-penting-psikologi-trading-untuk-kesuksesan-investasi

Sumber: https://akurat.co/5-peran-penting-psikologi-trading-untuk-kesuksesan-investasi
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,