Kunjungi Taman Balekambang, Jokowi Pastikan Pemulihan Ekonomi dan Budaya di Solo

  • 27 Mei 2022 09:08:51
  • Views: 9

IDXChannel - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, menyempatkan diri mengunjungi pasar tradisional dan Taman Balekambang, di sela lawatannya ke Solo, untuk hadir sebagai Wali Nikah Adik Kandungnya, Idayati, yang menikah dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman, Kamis (26/5/2022).

Didampingi Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Presiden Jokowi pun memantau secara langsung geliat pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi COVID-19, khususnya di kalangan seniman budaya yang beraktivitas di Taman Balekambang.

Sebagaimana diketahui, Taman Balekambang merupakan salah satu ruang terbuka yang kerap menjadi pusat kegiatan kebudayaan di Kota Solo. Termasuk juga beberapa kesenian tradisional, seperti wayang orang dan ketoprak.

Utamanya kesenian rakyat, baik itu ketoprak, wayang orang, reog, dan lainnya, yang kita tahu sudah dua tahun vakum akibat pandemi, kita harapkan bisa pulih dan kembali aktif, ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, pemerintah pusat akan selalu mendukung seluruh aktivitas seni dan budaya di masyarakat. Karenanya, Jokowi juga mendukung program revitalisasi Taman Balekambang yang menjadi salah satu program Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Dalam kunjungannya, Jokowi juga sempat mendatangi Gedung Ketoprak, dan berdiskusi dengan sejumlah seniman tradisonal wayang orang. Salah satunya adalah Dwi Lestanto, yang mengaku senang lantaran aktivitas berkeseniannya mendapat apresiasi langsung dari Presiden.

Hal senada juga disampaikan oleh Pandu, salah satu dedengkot Wayang Orang di Taman Balekambang. Menurut Pandu, aktivitas kesenian di tempat tersebut sudah mulai berjalan dengan baik dan normal seperti halnya saat sebelum pandemi COVID-19. Sudah berjalan. Sudah ramai, ungkap Pandu. (TSA)


https://www.idxchannel.com/economics/kunjungi-taman-balekambang-jokowi-pastikan-pemulihan-ekonomi-dan-budaya-di-solo

Sumber: https://www.idxchannel.com/economics/kunjungi-taman-balekambang-jokowi-pastikan-pemulihan-ekonomi-dan-budaya-di-solo
Tokoh









Graph

Extracted

persons Anwar Usman, Ganjar Pranowo, Gibran Rakabuming Raka, joko widodo,
companies MNC,
ministries MK,
nations Indonesia,
places JAWA TENGAH,
cities Balekambang, Solo,
cases covid-19,