Giliran Yahya Nyerang Imin

  • 27 Mei 2022 07:02:59
  • Views: 14

RM.id  Rakyat Merdeka - Seperti sinetron, perseteruan antara Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Yahya Cholil Staquf dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar terus berlanjut ke episode-episode yang lebih merenggangkan.

Kali ini, bos NU yang akrab Gus Yahya itu, yang memulai lakonnya. Dalam sebuah video, Gus Yahya bilang begini: Warga NU wajib bahagia, PKB sekarepmu. Sebelumnya, Imin bikin heboh warga dunia maya saat memasang kaos berbunyi begini: NU struktural wajib ber-PKB, NU kultural sakarepmu. Apakah ucapan Gus Yahya menyindir kaos yang dipajang Imin? Entah lah...

Video Gus Yahya itu, viral di media sosial, kemarin. Video berdurasi 19 detik itu, salah satunya diunggah oleh pemilik akun Twitter @RiuRizkiUtomo_, Senin (23/5). Dalam video itu, terlihat Gus Yahya berdiri di atas podium dengan mengenakan baju muslim lengan panjang berwarna putih lengkap dengan peci hitam.

Berita Terkait : Gus Yahya Bikin Imin Tak Aman

Gus Yahya terlihat sangat santai saat berpidato. Salah satu isi pidatonya sangat menyentil Imin dan PKB.

Keluarga besar NU wajib berbahagia, ujar Gus Yahya disambut tepuk tangan tamu yang hadir. Kalau PKB, sakarepmu, sambung mantan Jubir Presiden Gus Dur itu, sambil tertawa. Hadirin tertawa lebih keras.

Hanya segitu, video Gus Yahya yang viral itu, yang kemudian banyak dikomentari dan diupload oleh netizen lainnya. Entah maksudnya becanda atau tidak, tapi ucapan Pak Yahya ini asli gak lucu. Kenapa Ketum PBNU sekarang fokus banget serang PKB dan puja puji PDIP? tulis aktivis muda NU, Umar Hasibuan dalam akun twitter @UmarChealsea.

Berita Terkait : Kasus Positif Nambah 623, DKI Jakarta Paling Banyak Nyumbang

Keresahan Umar Hasibuan terhadap gerakan Gus Yahya Vs Imin/PKB ini memang sudah jadi tontonan publik saat ini.

Pidato Gus Yahya ini seakan membalas Imin yang sebelumnya sering mengkritik PBNU. Sebelumnya, Imin pernah mengunggah sebuah foto santri memakai kaus bertuliskan 'Warga NU Kultural Wajib ber-PKB. Struktural, SAKAREPMU!' pada Senin (16/5).

Kaos yang dipamerkan Imin itu kiriman dari seorang Pengasuh Pesantren Bina Insan Mulia Cirebon Kiai Imam Jazuli yang belakangan diketahui merupakan pendukung berat PKB. Gara-gara postingan ini, konflik Gus Yahya dan Imin makin panas.

Berita Terkait : Bantu Warga Isoman, NasDem Jabar Bagikan Seribu Makanan Gratis Per Hari

Panasnya hubungan kedua tokoh NU itu berawal saat Gus Yahya meminta agar semua parpol, termasuk PKB, tidak menjadikan NU sebagai alat berkontestasi politik. Ia juga berpesan, agar tidak lagi menggunakan politik indentitas agama, termasuk NU. Pasalnya, jika terus dijadikan bahan berkompetisi, tentu ke depannya tidak akan baik. 

Selanjutnya, Gus Yahya menyatakan tidak percaya dengan pernyataan Imin yang mengklaim dapat dukungan dari massa NU untuk maju Pilpres 2024. Namun, kakak kandung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas ini tak mau ambil pusing dan hanya menunggu bukti klaim tersebut.

Saat ditanya hubungannya dengan PKB? Gus Yahya membantah, dirinya dan PBNU mulai jaga jarak dengan PKB. Selama ini, dirinya tidak pernah membuat pernyataan yang menjurus negatif terhadap PKB. Nah, kalau ada yang mengatakan renggang, ya mereka yang merenggangkan dirinya dari NU, tegas Gus Yahya.
 Selanjutnya 


https://rm.id/baca-berita/nasional/125930/pidato-quotwarga-nu-wajib-bahagia-pkb-sakarepmuquot-giliran-yahya-nyerang-imin
 

Sumber: https://rm.id/baca-berita/nasional/125930/pidato-quotwarga-nu-wajib-bahagia-pkb-sakarepmuquot-giliran-yahya-nyerang-imin
Tokoh











Graph

Extracted

persons Abdul Muhaimin Iskandar, Fachrul Razi, Gus dur, Umar Hasibuan, Yaqut Cholil Qoumas,
companies ADA, Twitter,
ministries Kemenag,
organizations NU, PBNU,
religions Islam,
parties Nasdem, PDIP, PKB,
topics BOS, Pilpres 2024,
places BANTEN, DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Cirebon, Serang,
cases physical distancing,