Mau Bisnis Sukses? Kenali Marketing Plan dan Cara Membuatnya

  • 27 Mei 2022 06:47:24
  • Views: 7

AKURAT.CO Bidang marketing menjadi salah satu profesi yang memiliki banyak tantangan dan juga selalu mengalami perkembangan yang cukup cepat. Kamu membutuhkan kemampuan beradaptasi dan belajar berbagai hal baru di dalam bidang ini, salah satunya marketing plan.

Berbeda dengan marketing strategi yang lebih menekankan pada target serta tujuan dan nilai bisnis untuk jangka panjang, marketing plan justru terkait dengan cara pelaksanaannya. 

Marketing plan sendiri merupakan langkah ataupun cara yang dilakukan untuk mencapai target penjualan di dalam bisnis itu sendiri. Istilah yang juga sering disebut rencana pemasaran ini adalah berbagai cara yang akan dilakukan dalam mengeksekusi marketing strategi di dalam bisnis. Penerapan marketing plan bertujuan untuk mencapai target penjualan bisnis secara maksimal.  

baca juga:

Marketing Plan Dilakukan Tahap Demi Tahap

Pada umumnya, setiap perusahaan akan memiliki cara tersendiri dalam menyusun marketing plan untuk pemasaran bisnis mereka. Hal ini tentu sangat wajar, mengingat setiap produk akan memiliki karakteristik masing-masing.

Penerapan marketing plan yang tepat sejak awal, akan sangat membantu kinerja staf marketing dalam mencapai target dan penjualan maksimal di dalam bisnis. Untuk kesuksesan marketing plan, penting untuk melakukan hal ini dengan konsisten dan dalam tahap yang benar.

Berikut ini adalah beberapa tahap penting yang harus dilakukan dalam marketing plan:

1. Pahami Kondisi dan Tujuan Perusahaan

Untuk mencapai tujuan pemasaran yang maksimal, kondisi perusahaan tentu harus benar-benar siap sejak awal. Kamu harus melihat dan memahami secara detail profil perusahaan dan kondisi di dalamnya. 


https://akurat.co/mau-bisnis-sukses-kenali-marketing-plan-dan-cara-membuatnya

Sumber: https://akurat.co/mau-bisnis-sukses-kenali-marketing-plan-dan-cara-membuatnya
Tokoh

Graph

Extracted