Jelajah Rasa Kuliner Kalimantan Timur di Jember

  • 27 Mei 2022 06:09:19
  • Views: 12

Jember: Sambal Gami merupakan makanan khas Kota Bontang, Kalimantan Timur yang dapat dijumpai di sebuah warung sederhana di Kecamatan Patran, Jember, Jawa Timur. Olahan sambal dengan topping ayam, paru sapi, cumi, ikan pe, dan udang disajikan dengan cara yang sangat unik.
 
Penyajian sambal gami cukup sederhana, topping dan sambal dibakar di atas cobek dari tanah liat. Api yang membakar hingga ke toppingnya langsung membuat aroma harum yang ditunggu-tunggu pengunjung. Dalam satu hari, warung ini bisa menjual sedikitnya 400 porsi.
 
“Ini sambal khas Bontang yang saya campurkan bombay dan terasi, karena kalau hanya sambal biasa itu sudah banyak, nah jadi saya bakar sambalnya di atas cobek untuk memunculkan wangi yang menggugah selera, ujar pemilik warung Nike dalam tayangan Newsline di Metro TV pada Kamis, 26 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Warung ini berdiri di tengah pandemi Covid-19 lalu. Harga yang cukup murah membuat para mahasiswa, pelajar, dan pekerja menjadi langganan sambal Gami. Beberapa menu favorit di warung ini dipatok dari harga Rp10.000 – Rp20.000 per porsinya.
 
“Seru aja lihat masaknya, unik karena dibakar di depan pengunjung langsung. Rasanya juga enak, segar, ujar salah satu pengunjung Mega.
 
Rasa yang khas dan sengaja disesuaikan dengan selera lidah warga Jember membuat warga di sini sangat menyukai sambal Gami. Cocok dihidangkan dengan nasi hangat dan minuman dingin, sambal Gami juga bisa diatur tingkat kepedasannya. Sehingga bagi Anda yang tidak dapat makan pedas, Anda bisa membeli sambal Gami tanpa cabai sama sekali. (Leres Anbara)
 

(MBM)


https://www.medcom.id/nasional/daerah/aNrv8lPN-jelajah-rasa-kuliner-kalimantan-timur-di-jember

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/daerah/aNrv8lPN-jelajah-rasa-kuliner-kalimantan-timur-di-jember
Tokoh

Graph

Extracted

organizations API,
products nasi,
places JAWA TIMUR, KALIMANTAN TIMUR,
cities Jember,
cases covid-19,
brands Nike,
animals Ayam, Sapi,
plants Cabai,