BMKG: Mane Kabupaten Pidie Diguncang Gempa Tektonik

  • 27 Mei 2022 00:40:18
  • Views: 9

height=341
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Aceh Besar melaporkan  wilayah Mane Kabupaten Pidie dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik pada Kamis (26/5/2022) pukul 20.53 WIB. (foto: BMKG)

KBRN, Banda Aceh: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Aceh Besar melaporkan  wilayah Mane Kabupaten Pidie dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik pada Kamis (26/5/2022) pukul 20.53 WIB.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3.7, kata Kepala Stasiun Geofisika Aceh Besar Andi Azhar Rusdin, Kamis (26/5/2022).  

Dijelaskan, Episenter terletak pada koordinat 4.85 LU dan 96.06 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 29 km Barat Daya Kabupaten Pudie Jaya pada kedalaman 4 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar Aceh Central yang berada didaerah tersebut,terangnya..

Guncangan gempa bumi ini kata Andi Azhar dilaporkan dirasakan di Mane Pidie III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan truk berlalu) dan di Tangse Pidie II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.Hingga pukul 21:50 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (_aftershock_).

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya,demikian Andi Azhar.


https://rri.co.id/nasional/peristiwa/1469238/bmkg-mane-kabupaten-pidie-diguncang-gempa-tektonik?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Sumber: https://rri.co.id/nasional/peristiwa/1469238/bmkg-mane-kabupaten-pidie-diguncang-gempa-tektonik?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries BMKG,
topics Gempa,
places Aceh,
cities Banda Aceh,