KSP: Elemen Kampus dan LSM Sudah Saatnya Bergerak Hadapi Risiko Bencana

  • 26 Mei 2022 23:27:38
  • Views: 7

Merdeka.com - Kantor Staf Presiden (KSP) menilai elemen kampus dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) perlu kembali mengawal dan menyuarakan isu-isu penanganan bencana di Indonesia. Terlebih, Indonesia merupakan negara rawan bencana.

Deputi II Kepala Staf Kepresidenan, Abetnego Tarigan mencatat per 23 Mei 2022, telah terjadi bencana sebanyak 1.613. Sepanjang 2015 hingga 2021 saja, terjadi 121 letusan gunung berapi di Indonesia.

taboola

Tentunya pemerintah tidak bisa sendirian dalam mengurangi risiko bencana. Peran masyarakat terutama elemen kampus dan LSM sangat dibutuhkan, kata Abetnego di sela-sela agenda Forum Kebijakan Global Pengurangan Risiko Bencana (Global Platform for Disaster Risk Reduction/GPDRR), di Bali, Kamis (26/5).

Abetnego menyampaikan pengalaman terbaik dari seluruh negara menunjukkan bahwa keberhasilan penanganan bencana terletak pada peran masyarakat dan gotong royong seluruh pemangku kepentingan. Masyarakat bukan hanya berperan sebagai objek, melainkan peserta aktif dalam upaya pengurangan risiko bencana.

2 dari 2 halaman


https://www.merdeka.com/peristiwa/ksp-elemen-kampus-dan-lsm-sudah-saatnya-bergerak-hadapi-risiko-bencana.html
 

Sumber: https://www.merdeka.com/peristiwa/ksp-elemen-kampus-dan-lsm-sudah-saatnya-bergerak-hadapi-risiko-bencana.html
Tokoh

Graph

Extracted

nations Indonesia,
cities Gunung,