Menko Airlangga Bocorkan 3 Kunci Sukses Indonesia Dongkrak Lapangan Kerja

  • 26 Mei 2022 21:01:06
  • Views: 18

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjadi pembicara di acara Jobs Consortium WEF Annual Meeting 2022 di Davos, Swiss, pada Rabu 25 Mei 2022. Dalam agenda ini Menko Airlangga menjadi pembicara bersama dengan para CEO perusahaan top global.

Menko Airlangga Tarto memaparkan tiga strategi utama Indonesia untuk meningkatkan lapangan kerja di masa pandemi Covid-19, yakni melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Kartu Prakerja, dan Reformasi Struktural melalui Undang-Undang Cipta Kerja.

Dalam program PEN, Pemerintah memiliki berbagai program untuk mendukung UMKM. Hal tersebut dilakukan karena Indonesia merupakan negara yang dengan jumlah UMKM yang besar, yakni sekitar hampir 65 juta UMKM.

Dalam program PEN Pemerintah memberi bantuan di sektor perekonomian dalam bentuk insentif pajak, subsidi bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR), Bantuan Tunai, dan Program Keluarga Harapan. Berbagai bantuan dalam program PEN tersebut disalurkan salah satunya untuk meningkatkan peluang lapangan kerja bagi masyarakat.

Selanjutnya, Kartu Prakerja diinisiasi Indonesia sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas SDM yang mendukung peningkatan produktivitas kerja. Program Kartu Prakerja merupakan kebijakan yang dilakukan Pemerintah dengan memberikan pelatihan untuk skilling, reskilling, dan upskilling, untuk menciptakan SDM yang berkualitas dan berdaya saing.

Pengembangan kapasitas SDM merupakan modal utama untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dunia yang memerlukan kerja sama, koordinasi, dan kolaborasi dari semua pihak terkait, kata Menko Airlangga, Kamis (26/5/2022).

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Airlangga Hartarto dan Suharso Monoarfa bertemu dengan Zulkifli Hasan membahas politik. Para menteri yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Parpol Golkar, PPP, dan PAN itu sepakat membentuk koalisi yang dinamakan Koalisi Indonesia Bersatu, yang mengha...


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4971850/menko-airlangga-bocorkan-3-kunci-sukses-indonesia-dongkrak-lapangan-kerja

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4971850/menko-airlangga-bocorkan-3-kunci-sukses-indonesia-dongkrak-lapangan-kerja
Tokoh







Graph