KRL Solo Balapan - Palur Beroperasi Juli 2022

  • 26 Mei 2022 20:58:47
  • Views: 13

Liputan6.com, Jakarta - Progres elektrifikasi jalur kereta rel listrik (KRL) Solo Balapan - Palur telah mencapai 84,33 persen. Sehingga ditarget akan mulai beroperasi Juli 2022 mendatang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau langsung progres elektrifikasi jalur sepanjang 6,2 km tersebut. Ini menjadi bagian dari pengembangan KRL Yogyakarta-Solo.

Menhub Budi mengatakan, proyek elektrifikasi jalur KA Solo Balapan – Solo Jebres – Palur dimulai sejak 2020. Sekaligus pelengkap KRL yang jadi pilihan masyarakat sebagai angkutan massal.

“Kawasan aglomerasi seperti Jogja, Solo, dan Semarang, harus dihubungkan dengan angkutan massal baik kereta api, bus, maupun angkutan massal lainnya. Ini suatu keniscayaan yang akan konsisten kami lakukan, ujar Menhub Budi mengutip keterangan resmi, Kamis (26/5/2022).

Kehadiran KRL Jogja –Solo sangat digemari masyarakat, bahkan Menhub mengungkapkan, di masa mudik jumlahnya naik signifikan lebih dari 50 persen.

“Angkutan massal di kawasan aglomerasi juga akan kami lakukan di kota-kota lainnya seperti Bandung, Surabaya, dan kota aglomerasi lainnya, ucapnya.

Menhub menjelaskan, keberadaan angkutan massal di kawasan aglomerasi sangat penting untuk memperlancar mobilitas masyarakat dan menghindari penggunaan kendaraan pribadi yang dapat menimbulkan kemacetan dan juga berdampak pada polusi udara.

“KRL adalah angkutan yang ramah lingkungan. Saya harap kolaborasi pemerintah pusat dan daerah semakin baik untuk mengembangkan angkutan massalnya, tutur dia.

 

Perbaikan wesel di stasiun Manggarai dan Gambir membuat pejalanan KRL Commuter Line terganggu. Perjalanan Krl hanya sampai stasiun Bekasi, sehingga penumpang melanjutkan perjalanan menggunakan moda transportasi lain.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4971974/krl-solo-balapan-palur-beroperasi-juli-2022

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4971974/krl-solo-balapan-palur-beroperasi-juli-2022
Tokoh



Graph