Ingat Ya! Stasiun Gambir Bakal Berhenti Layani Kereta Jarak Jauh

  • 26 Mei 2022 20:47:32
  • Views: 11

AKURAT.CO, Stasiun Gambir bakal berhenti melayani kereta jarak jauh. Ini karena bakal digantikan Stasiun Manggarai yang bakal menjadi stasiun sentral untuk Jakarta, yang melayani kereta jarak jauh dan KRL Jabodetabek.

Namun Stasiun Gambir bakal tetap melayani naik turun KRL Jabodetabek.

Sampai sekarang desain Stasiun Manggarai dengan fasilitas yang ada di sana memang mendesain kereta jarak jauh. Itu berhenti sampai dengan Stasiun Manggarai saja. Jadi Stasiun Gambir nanti akan difungsikan untuk naik turun penumpang KRL, ujar Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten, Rode Paulus dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Rabu (25/5/2022).

baca juga:

Rode mengungkapkan Stasiun Manggarai sendiri didesain untuk melayani kereta jarak jauh. Sampai saat ini, PT KAI masih mendiskusikan rencana menjadikan Gambir stasiun untuk KRL. Termasuk waktu berlakunya.

Apabila ada perubahan untuk mengoptimalkan, itu kami masih mendiskusikan dengan PT KAI, ucap Rode.

Hingga saat ini pembangunan sisi timur Stasiun Manggarai sendiri sudah mulai dilakukan. PT KAI menargetkan pembangunan Stasiun Manggarai selesai 2025. Saat ini, progres pembangunan per Mei 2022 sudah mencapai 60,18 persen.

Untuk itu, rencananya Stasiun Manggarai dapat melayani kereta jarak jauh di tahun 2025.

Target kita di 2025 ini bisa selesai karena tantangannya luar biasa. Ketika bangun di track aktif kita harus sangat berhati-hati. Jangan sampai pelayanan berhenti, tetapi pembangunan harus tetap jalan, tuturnya.

Target selesai pengoperasian Stasiun Manggarai sisi Timur Paket A Tahap II diperkirakan 2023. Sementara, target pengoperasian Jalur KA Jarak Jauh di Stasiun Manggarai Sisi Timur adalah 2025.


https://akurat.co/ingat-ya-stasiun-gambir-bakal-berhenti-layani-kereta-jarak-jauh

Sumber: https://akurat.co/ingat-ya-stasiun-gambir-bakal-berhenti-layani-kereta-jarak-jauh
Tokoh



Graph

Extracted

persons Kai,
companies ADA, PT Kereta Api Indonesia,
ministries Kemenhub, Kementerian Perhubungan,
fasums Stasiun Gambir,
products KRL,
places BANTEN, DKI Jakarta, NUSA TENGGARA TIMUR,
cities Gambir, Jabodetabek, Manggarai,