Dari Crowdfunding Hingga Pinjol, Cara Kelompok Teror Menghimpun Dana

  • 26 Mei 2022 19:46:22
  • Views: 9

JAKARTA - Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengungkapkan, kelompok terorisme juga memanfaatkan perkembangan teknologi finansial untuk menghimpun dana demi mendukung kegiatan mereka.

Perkembangan teknologi seyogyanya bermanfaat positif bagi kehidupan mausia, namun adapula yang memanfaatkan secara negatif. Kelompok pendukung ISIS cenderung memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk melaksanakan pendanaan terorisme, kata Ramadhan kepada awak media, Jakarta, Kamis (26/5/2022).

Ramadhan menjelaskan, kelompok itu diantaranya melakukan penggalangan dana melalu crowdfunding hingga pinjaman online (pinjol). Menurut Ramadhan, mereka memanfaatkan media sosial untuk mencari sumbangan dari kelompoknya maupun orang umum.

Dengan mengatasnamakan sosial agama dan pendidikan, dengan mudah mendapatkan dana yang tidak sedikit dan cepat, ujar Ramadhan.

Tak cukup di situ, kelompok teror ini pun dengan mudah mendapatkan dukungan dana dari luar negeri. Pada tahun 2016 misalnya, kelompok AD Surakarta mendapatkan kiriman dana dari Bahrunaim yang berada di Suriah untuk melaksanakan tindak pidana terorisme bom bunuh diri di Polres Surakarta.

Kemudian, kelompok teror juga memanfaatkan pinjaman online untuk mendapatkan dana demi menjalankan aktivitas mereka.

Pinjol, tahun 2019 kelompok AD Jawa Barat melakukan berbagai pinjaman online melalui berbagai jasa pinjol untuk mengumpulkan dana, mereka mampu mendapatkan belasan juta dari pinjol, tutup Ramadhan.


https://nasional.okezone.com/read/2022/05/26/337/2600810/dari-crowdfunding-hingga-pinjol-cara-kelompok-teror-menghimpun-dana?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/05/26/337/2600810/dari-crowdfunding-hingga-pinjol-cara-kelompok-teror-menghimpun-dana?page=1
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ahmad Ramadhan,
companies Dana,
organizations ISIS,
events Ramadhan,
products Pinjol,
nations Suriah,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, Sumatera Utara,
cases Bom bunuh diri, teror, Teroris,