Wibi Andrino Minta Pemprov DKI Akomodasi Kebutuhan Pekerja Digital

  • 26 Mei 2022 16:10:33
  • Views: 4

Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diminta mengakomodasi kebutuhan pekerja digital. Upaya itu untuk merespons wacana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal Digital Nomad di Kepulauan Seribu.
 
“Apa saja yang dibutuhkan para digital nomad untuk menunjang aktivitas dan mendorong pelibatan warga sekitar Kepulauan Seribu, kata Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD DKI Jakarta Wibi Andrino melalui keterangan tertulis, Kamis, 26 Mei 2022.
 
Wibi mengatakan rencana tersebut strategis. DKI Jakarta merupakan pusat ekosistem start up terbanyak dengan 471 start up atau 39,9 persen dari total di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Termasuk fakta bahwa Jakarta merupakan pusat unicorn dan decacorn, ujar dia.
 
Wibi mengutip data Savills Indonesia yang mencatat ada 180 co-working space hingga semester satu 2020. Sistem ruang kerja bersama itu menawarkan konsep yang fleksibel.
 
Baca: Anies Ajak Pekerja Digital Bekerja dari Kepulauan Seribu
 
“Sehingga Jakarta memiliki peluang untuk mengembangkan ekosistem digital, papar anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta itu.
 
Selain itu, Wibi menyoroti potensi pekerja digital dari Kepulauan Seribu untuk mendorong sektor pariwisata. Sebab, pulau terluar Jakarta itu memiliki potensi menarik dan beragam.
 
“Tapi salah satu persoalannya adalah lemahnya promosi sehingga tingkat kunjungan wisatanya masih tertinggal dibanding Malaysia dan Thailand, tutur dia.
 
Wibi optimistis program Digital Nomad Kepulauan Seribu menggenjot pariwisata. Sehingga roda perekonomian dari sektor tersebut semakin moncer.
 
“Sehingga Pemprov DKI Jakarta harus menyiapkan penunjang aktivitas seperti transportasi, akomodasi, hingga jaringan internet, ucap dia.
 
Wibi juga mendorong Pemprov DKI Jakarta melibatkan masyarakat sekitar Kepulauan Seribu. Salah satunya, dengan memberi pelatihan pengelolaan wisata sehingga lapangan pekerjaan semakin bertambah.
 
“Contohnya bagaimana mereka menjadikan rumahnya sebagai homestay dan mendorong ekonomi, kata dia.
 

(ADN)


https://www.medcom.id/nasional/metro/8KyJMo3N-wibi-andrino-minta-pemprov-dki-akomodasi-kebutuhan-pekerja-digital

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/metro/8KyJMo3N-wibi-andrino-minta-pemprov-dki-akomodasi-kebutuhan-pekerja-digital
Tokoh



Graph

Extracted

persons Anies Baswedan,
companies ADA,
ministries DPRD, Pemprov DKI Jakarta,
parties Nasdem,
nations Indonesia, Malaysia, Thailand,
places DKI Jakarta,
cities Kepulauan Seribu,