Kembalinya Perayaan Waisak

  • 26 Mei 2022 16:04:57
  • Views: 10

TEMPO.CO, Jakarta -  Umat Buddha kembali bisa merayakan Waisak di Candi Borobudur, Jawa Tengah, setelah dua tahun terhalang pandemi. Prosesi arak-arakan jalan kaki Waisak dari Candi Mendut ke Candi Borobudur berlangsung cukup khidmat. Sepanjang jalan masyarakat menyambut percikan air suci dari para biku.

Ritual sakral itu merupakan bagian dari perayaan puncak Waisak bertema “Jalan Kebijaksanaan Menuju Kebahagiaan Sejati di Candi Borobudur yang dihelat oleh Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) dan Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi). Borobudur bukan satu-satunya candi tempat berlangsungnya upacara Waisak. Pemeluk Buddha lain menyelenggarakan Waisak di Candi Sewu.

Wartawan Tempo mengikuti upacara Waisak bersama ribuan umat Buddha di Borobudur. Kami menelusuri sejarah asal mula peringatan Waisak di Candi Borobudur yang dipelopori oleh Bhante Ashin Jinarakkhita. Selamat membaca.

Nurdin Kalim

Redaktur Utama

SELINGAN

Waisak Pertama Setelah Pandemi

Reportase perayaan Waisak yang pertama setelah pandemi Covid-19. Apa yang berbeda?

Pelopor Waisak Borobudur

Dia pelopor upacara Waisak secara nasional di Candi Borobudur. Siapa Bhante Ashin Jinarakkhita?

SENI

Tarung Grafis di Bandung

Seni grafis karya konvensional dan yang sudah mengalami perluasan bertarung di Galeri Lawangwangi, Bandung. Karya grafis konvensional diwakili perupa Bali dan karya grafis eksperimental diwakili perupa Yogyakarta. Siapa menang?

Serba Semar Nasirun

Perupa Nasirun menggelar pameran menyambut perayaan 70 tahun Romo Sindhunata di Yogyakarta. Mengapa ia memilih sosok semar?


https://newsletter.tempo.co/read/1595278/kembalinya-perayaan-waisak

Sumber: https://newsletter.tempo.co/read/1595278/kembalinya-perayaan-waisak
Tokoh

Graph

Extracted

fasums Borobudur,
nations Indonesia,
places DI YOGYAKARTA, DKI Jakarta, JAWA BARAT, JAWA TENGAH,
cities bandung, Yogyakarta,
cases covid-19,