Majelis Umum PBB Apresiasi Indonesia Dalam Penanganan Pandemi Covid-19

  • 26 Mei 2022 15:15:31
  • Views: 12

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Majelis Umum PBB Abdulla Shahib di sela-sela kegiatan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di BNDCC Bali pada Rabu (25/5/2022) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Menko Muhadjir menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia telah mendorong upaya membangun ketangguhan bangsa melalui pemulihan sektor sosial-ekonomi dari pandemi Covid-19.

“Salah satunya, kita melakukan vaksinasi Covid-19. Hingga 23 Mei 2022 vaksinasi telah mencapai 61,38% populasi atau setara dengan 165 juta orang, ucap Menko Muhadjir dikutip dalam keterangannya pada Kamis (26/5/2022).

Menko Muhadjir juga mengatakan bahwa Indonesia berkomitmen besar terhadap pemberdayaan perempuan serta kesetaraan gender sebagai bagian dari penghormatan terhadap hak asasi manusia berdasarkan prinsip keadilan, kesetaraan dan kemanusiaan.

Presiden-Jokowia5110fa3619f9a97.jpgPresiden Jokowi bersama para tamu undangan membuka GPDRR 2022. (FOTO: BPMI Setpres) 

“Hingga tahun 2021, 10 dari 100 perempuan berusia 15 tahun ke atas di Indonesia berhasil meraih ijazah perguruan tinggi,“ kata Menko Muhadjir.

Menko Muhadjir mengungkapkan, Indonesia juga aktif membangun kerjasama internasional, di mana salah satunya bersama negara-negara anggota WHO mendorong penguatan Preparedness and Response System melalui Pandemic Treaty.

Dalam hal ini, peran Majelis Umum PBB sangat penting dalam memperkuat resolusi pada Hak Asasi Manusia dan dukungan Kemanusiaan secara global, khususnya dalam mendorong upaya pemulihan Covid-19 untuk memastikan masyarakat global aman melalui Pandemic Treaty.

“Pemerintah Indonesia terbuka untuk peluang kolaborasi global untuk pengurangan risiko bencana, pemulihan dari Covid-19, serta program dalam pemberdayaan perempuan dan pemuda, ungkap Menko Muhadjir.

Sementara itu Presiden Majelis Umum PBB Abdulla Shahib menjelaskan, pemulihan dari pandemi adalah prioritas pertama dan utama bagi PBB.

“Tujuan kami adalah untuk mencapai vaksinasi universal, sebagai satu-satunya jeda kami dari Covid-19 karena tidak ada yang aman sampai semua orang aman, jelasnya.

Pada kesempatan itu Abdulla menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Indonesia yang sudah tanggap terhadap bencana terutama Covid-19.

“Saya terkesan dengan upaya Indonesia dalam menghadapi pandemi dan pentingnya pemerataan vaksin sebagai solusi akhir untuk mengakhiri pandemi. Ini terbukti dengan tingginya persentase dari total populasi Indonesia yang sekarang sudah divaksinasi lengkap, tutur Abdulla.

Diselenggarakannya GPDRR ke-7 di Bali menurut Abdulla, merupakan bukti dari komitmen dan kepemimpinan Indonesia dalam isu pengurangan risiko bencana.

“Saya juga ingin mengucapkan selamat kepada Bapak Muhadjir, sebagai Ketua Panitia Nasional GPDRR, atas persiapan dan pengaturan pertemuan yang sangat baik. Saya yakin bahwa di bawah bimbingan Anda yang mampu, GPDRR akan menghasilkan hasil yang sukses, tandas Presiden Majelis Umum PBB Abdulla Shahib kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/410991/majelis-umum-pbb-apresiasi-indonesia-dalam-penanganan-pandemi-covid19

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/410991/majelis-umum-pbb-apresiasi-indonesia-dalam-penanganan-pandemi-covid19
Tokoh





Graph

Extracted

persons joko widodo, Muhadjir Effendy,
companies ADA, Google, Telegram,
ngos WHO,
parties PBB,
events vaksinasi,
products vaksin,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cases covid-19,