5 Tempat Penuh Misteri yang Ada di Jakarta, Punya Sejarah Kelam

  • 26 Mei 2022 14:18:43
  • Views: 11

JAKARTA, iNews.id - Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan sejumlah tempat penuh misteri yang ada di Jakarta berikut ini. Tempat-tempat penuh misteri kerap diidentikkan dengan kisah mistis yang terjadi di lokasi tersebut. 

Masyarakat pun kerap mengaitkan hal-hal mistis dengan sejarah kelam yang pernah terjadi di tempat tersebut. Terlepas dari benar atau tidaknya hal tersebut, nyatanya tempat-tempat berikut ini sudah dikenal luas sebagai lokasi yang angker dan penuh misteri.

Berikut ini 5 tempat penuh misteri yang ada di Jakarta, sebagaimana dirangkum iNews.id dari berbagai sumber.

Tempat Penuh Misteri yang Ada di Jakarta

1. Pertokoan Klender

Mal Klender di kawasan Klender, Jakarta Timur memiliki kisah kelam yang berhubungan dengan sejarah bangsa Indonesia. Tragedi kebakaran Mal Klender merupakan bagian dari kerusuhan Mei 1998 yang meruntuhkan rezim Soeharto. 

Saat itu, mal tersebut disebut sengaja dibakar yang membuat ratusan orang yang terjebak di dalamnya tewas. Total korban tewas dalam peristiwa kebakaran Mal Klender adalah sebanyak 488 orang dimana sebagian korban tidak dapat diidentifikasi identitasnya.

Setelah kejadian itu, masyarakat setempat mengaku kerap melihat penampakan yang diduga merupakan korban peristiwa tersebut. Tak hanya itu, pengunjung juga kerap mencium bau anyir dari dalam mal.

2. Rumah Kentang di Jakarta Selatan

Dinamakan rumah kentang karena kerap tercium bau kentang rebus dari dalam rumah yang berada di kawasan Prapanca, Dharmawangsa ini. Konon, dulunya ada seorang ibu dan anak yang menempati rumah tersebut. 

Kemudian pada suatu hari sang ibu merebus kentang dalam sebuah kuali yang besar. Saat menunggu kentang matang, sang ibu tersebut ketiduran. 
Pada saat itulah anaknya bermain ke dapur dan tak sengaja terjatuh ke dalam kuali tempat merebus kentang tersebut. Nahasnya, anak tersebut pun meninggal dunia. 

Kisah terowongan Casablanca juga menjadi salah satu urban legend di masyarakat Jakarta. Menurut cerita yang beredar luas, banyak masyarakat kerap melihat sosok hantu nenek-nenek yang suka menampakkan diri di terowongan yang berada di Jalan Kuningan, Jakarta Selatan ini.

Bahkan, konon katanya jika orang yang tidak permisi saat melewati terowongan ini bisa mengalami kecelakaan. Menurut kabar yang beredar, sebelum menjadi terowongan, tempat ini dulunya merupakan lokasi kuburan massal.

4. Toko Merah

Toko Merah berada di kawasan Kota Tua Jakarta. Menurut sejarah, bangunan dengan arsitektur khas Tionghoa ini memiliki sejarah yang memilukan. Sebelum menjadi toko, bangunan ini dulunya merupakan tempat pembantaian orang Tionghoa. Mayat-mayat korban pembantaian tersebut bertebaran di sekitar kali sehingga membuat air sungai berwarna merah.

Banyak cerita mistis tentang Toko Merah yang beredar luas di masyarakat. 
Seorang pekerja di kawasan Kota Tua mengungkapkan dirinya pernah melihat sosok wanita bergaun putih dengan rambut panjang tergerai yang tiba-tiba muncul di salah satu jendela gedung.

Editor : Komaruddin Bagja

Bagikan Artikel:




https://www.inews.id/news/megapolitan/5-tempat-penuh-misteri-yang-ada-di-jakarta-punya-sejarah-kelam

Sumber: https://www.inews.id/news/megapolitan/5-tempat-penuh-misteri-yang-ada-di-jakarta-punya-sejarah-kelam
Tokoh



Graph

Extracted

persons Soeharto,
companies ADA, Facebook, WhatsApp,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Klender,
cases kebakaran, kecelakaan, mayat,
plants kentang,