PLN UIP JBB Ajak Stakeholder Dukung Pelaksanaan Sistem Manajemen Anti Penyuapan

  • 26 Mei 2022 13:06:54
  • Views: 8

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (PLN UIP JBB) berupaya mewujudkan kelancaran pembangunan infrastruktur kelistrikan dengan membangun hubungan baik dengan pemangku kepentingan atau stakeholder. 

General Manager PLN UIP JBB Octavianus Padudung menyampaikan terkait urgensi penerapan SNI ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) di setiap lini pekerjaan. 

“SMAP selaras dengan core value BUMN yaitu AKHLAK singkatan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif, kata Padudung dalam sambutan acara Multi Stakeholder Forum (MSF) dalam format daring, dikutip Kamis (26/5/2022).

Baca juga: Dirut PLN Harap Lulusan ITPLN Siap Hadapi Era Transisi Energi

“Sehingga dalam setiap detail pekerjaan seluruh karakter ini harus dimiliki tidak hanya oleh insan PLN, namun juga seluruh instansi yang bekerja sama dengan kita, ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan mengenai jenis-jenis tindakan yang bertentangan dengan SMAP, sekaligus menghimbau pada seluruh stakeholder agar menghindari 4 No's, yaitu No Bribery atau menolak suap, No Gift atau menolak hadiah, No Kickback atau menghindari komisi, serta No Luxurious Hospitality atau menghindari jamuan berlebihan. 

“Jika praktik ini bisa kita hindari, maka sangat besar manfaat yang diperoleh oleh instansi terkait dan juga negara, imbuhnya.

PLN juga telah menyediakan sistem pelaporan tindak pelanggaran termasuk melayangkan surat fisik kepada Executive Vice President Kepatuhan PLN Pusat. 

“Pelaporan ini kami sebut sebagai Whistleblowing System di mana semua dapat melaporkan setiap praktik pelanggaran yang melibatkan PLN, jelas Padudung.

Sebagai bentuk komitmen untuk menerapkan SMAP dengan sebaik-baiknya, seluruh tamu undangan pun menandatangani pakta Integritas di akhir acara.

Baca juga: PLN Gelar Konsultasi Publik Percepat Pembangunan Transmisi Looping Jakarta

Di sisi lain, pakta ini juga telah ditandatangani oleh Manajemen di level PLN Pusat hingga seluruh unit, termasuk PLN UIP JBB

PLN UIP JBB juga telah menerima sertifikat SMAP di tahun 2021 lalu. 

“Artinya kami sudah terverifikasi telah mengimplementasikannya. Kami berharap dalam pelaksanaan pekerjaan, kita bisa terus menjaga integritas sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan, ujarnya.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/26/pln-uip-jbb-ajak-stakeholder-dukung-pelaksanaan-sistem-manajemen-anti-penyuapan

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/26/pln-uip-jbb-ajak-stakeholder-dukung-pelaksanaan-sistem-manajemen-anti-penyuapan
Tokoh



Graph

Extracted

persons Zulkifli Zaini,
bumns PLN,
ngos CORE,
places DKI Jakarta,