Airlangga: Transisi EBT Harus Adil, Tak Boleh Ada yang Tertinggal

  • 26 Mei 2022 12:51:39
  • Views: 5

JawaPos.com – Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menekankan prinsip just and affordable transition dalam penerapan transisi energi baru terbarukan (EBT) yaitu terkait keadilan dan tidak ada yang tertinggal dalam prosesnya. Hal itu diungkapkan oleh Airlangga dalam pertemuan bersama Executive Director International Energy Agency Fatih Birol di Davos, Swiss pada Selasa (24/5).

“Tidak hanya memperhitungkan cost and benefits tetapi juga memastikan tidak ada yang tertinggal dalam prosesnya, kata Airlangga dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (26/5).

Menurut Airlangga, jika dikelola dengan baik maka transisi energi dapat berdampak positif di bidang sosial, ekonomi dan lingkungan hidup berupa pekerjaan baru dan lapangan kerja yang lebih luas.

“Sebaliknya transisi energi juga memiliki risiko pengangguran dan defisit transaksi berjalan, ujarnya.

Ia menuturkan Indonesia sendiri akan merealisasikan kontribusi energi terbarukan sebesar 23 persen pada 2025 dengan beberapa sumber EBT yang potensial seperti matahari, air, angin, panas bumi dan laut yang menyumbang 442 GW.

Meski demikian, langkah itu ternyata masih memiliki tantangan yaitu keterbatasan jaringan, teknologi, dan pembiayaan sehingga pembiayaan dan transfer teknologi pada transisi energi menjadi penting. Ia menjelaskan Indonesia memandang transisi energi tidak hanya untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik dan respons terhadap perubahan iklim tetapi juga untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kapasitas masyarakat.


https://www.jawapos.com/ekonomi/energi/26/05/2022/airlangga-transisi-ebt-harus-adil-tak-boleh-ada-yang-tertinggal/

Sumber: https://www.jawapos.com/ekonomi/energi/26/05/2022/airlangga-transisi-ebt-harus-adil-tak-boleh-ada-yang-tertinggal/
Tokoh



Graph

Extracted

persons Airlangga Hartarto,
companies ADA,
nations Indonesia, Swiss,
places DKI Jakarta,
cases pengangguran,