Banjir Rob Semarang Akibat Tanggul Jebol, Ini Rentetan Dampaknya

  • 26 Mei 2022 11:04:51
  • Views: 21

TEMPO.CO, JakartaPT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo membeberkan dampak banjir rob di Semarang akibat jebolnya tanggul PT Lamicitra Nusantara. Banjir rob telah berimbas pada operasional terminal peti kemas (TPK) di Pelabuhan Tanjung Perak, Semarang, Jawa Tengah.

GM TPK Semarang I Nyoman Sudhiarta menyebutkan, sedikitnya terdapat 4 kapal yang batal bersandar di terminal dengan potensi kegiatan bongkar muat peti kemas sebanyak 6.000 TEUs. Dengan begitu, TPK Semarang terpaksa melakukan buka tutup pintu terminal lantaran akses masuk terhalang oleh air laut. 

Kejadian banjir rob merupakan fenomena alam yang rutin terjadi setiap tahunnya. BMKG sebelumnya memperkirakan rob akan terjadi di area pesisir pantai utara Jawa mulai 20 Mei hingga 25 Mei 2022. 

Adapun jebolnya tanggul PT Lamicitra Nusantara menyebabkan air rob menjadi semakin tinggi dan berdampak pada aktivitas operasional pelabuhan. Jika tidak ada tanggul yang jebol, sistem pompa milik Pelindo diklaim mampu menangani hingga ketinggian pasang 130 cm.

Operasional bongkar muat tetap berjalan, namun agak tersendat, akses jalan tertutup oleh air, selain itu konfirmasi penumpukan juga manual, saat air naik sistem otomatis kami matikan karena panel listrik terendam air, kata Nyoman dalam keterangan tertulis, Kamis, 26 Mei 2022.

Selain itu, ia menjelaskan, sejumlah fasilitas terminal juga mengalami kerusakan akibat terendam air. Fasilitas itu meliputi truk trailer, sistem elektrifikasi pada peralatan, load cell jembatan timbang, jaringan kelistrikan dan jalan akses.

Hingga kini tercatat kapal yang batal ke TPK Semarang adalah MV. Teluk Bintuni, MV. Hijau Samudra, MV. Meratus Medan 2 dan MV. Meratus Medan 3. 

Akibat rob yang terjadi pada Senin lalu, 23 Mei 2022, operasional terminal peti kemas sempat terhenti selama 21 jam. TPK Semarang kembali melakukan kegiatan bongkar muat peti kemas pada hari berkutnya, Selasa, 24 Mei 2022 pukul 11:00 WIB.

Banjir rob atau air pasang yang melimpas ke daratan dengan ketinggian 2 meter lebih itu melanda kawasan pesisir Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin lalu, khususnya daerah di sekitar Pelabuhan Tanjung Emas.

Puluhan kontainer atau peti kemas yang berada di Pelabuhan Tanjung Emas saat itu tampak terendam banjir rob yang terjadi bersamaan dengan gelombang tinggi, serta diperparah dengan jebolnya tanggul laut di kawasan pelabuhan.


https://bisnis.tempo.co/read/1595265/banjir-rob-semarang-akibat-tanggul-jebol-ini-rentetan-dampaknya

Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1595265/banjir-rob-semarang-akibat-tanggul-jebol-ini-rentetan-dampaknya
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries BMKG,
ngos AJI,
topics Banjir, Banjir ob, Listrik,
products emas,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH, PAPUA BARAT, Sumatera Utara,
cities Semarang, Teluk Bintuni,