2 Warga Prancis Korban Kapal Kandas di Sumbawa Diselamatkan

  • 26 Mei 2022 10:08:56
  • Views: 6

Mataram: Personel Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Mataram berhasil menyelamatkan dua orang warga Prancis yang merupakan bagian dari enam korban kapal kandas di sekitar perairan Pulau Medang, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Peristiwa itu terjadi pada Kamis dini hari, pukul 02.30 WITA.
 
Pukul 07.00 WITA, seluruh penumpang berhasil dievakuasi dengan selamat ke Pelabuhan Badas, Sumbawa, kata Kepala Kantor SAR Mataram Nanang Sigit PH, melalui keterangan resmi di Mataram, Kamis, 26 Mei 2022.
 
Ia mengatakan kapal wisata dengan nama Ikan Terbang mengalami permasalahan pada bagian mesin. Akibat peristiwa itu, enam orang yang berada di atas kapal tersebut harus dievakuasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nanang mengatakan pihaknya menerima laporan dari salah satu penumpang kapal pada pukul 03.00 Wita. Personel Pos SAR Sumbawa diterjunkan dengan menggunakan right inflatable boat (RIB) untuk melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan dengan dibantu potensi SAR sekitar.
 
Baca: Kapal Karam, 11 Nelayan Terombang-ambing 5 Jam di Laut
 
Saat ditemukan, posisi kapal miring akibat kandas di selatan Pulau Medang, ucap dia.
 
Ia menyebutkan enam orang yang berada di atas kapal atas nama Haris, Kesyono, serta dua warga negara Prancis, yakni Philips, dan Niko. Keempatnya merupakan penumpang kapal.
 
Sedangkan dua orang lainnya atas nama Hanafi selaku nakhoda kapal dan Hasanudin, anak buah kapal (ABK). Ia mengatakan empat orang penumpang sudah dievakuasi ke daratan, sedangkan nakhoda dan ABK masih berada di atas kapal tersebut.
 
Hal itu berdasarkan permintaan yang bersangkutan, menunggu bantuan tiba untuk penarikan kapal, ucap dia.
 
Menurut keterangan dari nahkoda kapal, kapalnya mengalami permasalahan pada mesin saat berlayar dari Lombok menuju Labuhan Bajo, Nusa Tengara Timur. Untuk keamanan, Hanafi berusaha mengkandaskan kapalnya, demikian Nanang Sigit PH.
 

(NUR)


https://www.medcom.id/nasional/daerah/gNQeVDYN-2-warga-prancis-korban-kapal-kandas-di-sumbawa-diselamatkan

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/daerah/gNQeVDYN-2-warga-prancis-korban-kapal-kandas-di-sumbawa-diselamatkan
Tokoh

Graph

Extracted

nations Prancis,
places NUSA TENGGARA BARAT,
cities Lombok, Mataram,