4 Fakta Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Malang

  • 26 Mei 2022 06:48:39
  • Views: 6

Liputan6.com, Jakarta - Pada Senin siang 23 Mei 2022, Tim Detasemen Khusus atau Tim Densus 88 Antiteror Polri menangkap seorang terduga jaringan teroris simpatisan ISIS berinisial IA di sebuah rumah kos mahasiswa di kawasan Dinoyo Permai Timur, Kota Malang, Jawa Timur.

1 orang tersangka atas nama inisial IA, umur 22 tahun seorang mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kota Malang, ujar Karopenmas Div Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Selasa 24 Mei 2022.

Menurut Ahmad Ramadhan, keterlibatan IA yakni mengumpulkan dana untuk membantu Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang berada di Indonesia.

Tak hanya itu, lanjut Ahmad Ramadhan, IA juga mengelola media sosial dalam rangka penyebaran materi-materi ISIS terkait tindak pidana terorisme.

Ketiga, yang bersangkutan berkomunikasi secara intens dengan tersangka dari kelompok JAD atas nama MR yang sudah ditangkap, dalam rangka merencakan amaliah terhadap fasilitas umum dan kantor-kantor polisi, papar dia.

Selain itu, IA juga kerap berkomunikasi dengan kelompok teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD) bersama salah satu tersangka berinisial MR untuk menjalankan aksi yang diklaim sebagai aksi amaliyah.

Diketahui, menurut Ahmad Ramadhan, MR sudah lebih dulu ditangkap Densus 88 Antiteror Polri ketimbang IA.

Yang bersangkutan berkomunikasi secara intens dengan tersangka dari kelompok JAD atas nama MR yang sudah ditangkap, dalam rangka merencanakan amaliyah terhadap fasilitas umum dan kantor-kantor polisi, kata Ahmad Ramadhan.

Berikut sederet fakta terkait Tim Densus 88 Antiteror Polri yang menangkap seorang terduga jaringan teroris simpatisan ISIS berinisial IA di Kota Malang dihimpun Liputan6.com:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tim Densus 88 berhasil meringkus tiga teroris yang terkait dengan jaringan ISIS dan JAD di Kalimantan Tengah. Barang bukti berupa senjata api rakitan, senjata tajam, baju aksi teror, dan penutup wajah gambar tengkorak, diamankan.


https://www.liputan6.com/news/read/4971222/4-fakta-densus-88-tangkap-terduga-teroris-di-malang

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4971222/4-fakta-densus-88-tangkap-terduga-teroris-di-malang
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ahmad Ramadhan,
companies Dana, WhatsApp,
ministries Densus 88, Polisi,
organizations API, ISIS,
religions Islam,
events Ramadhan,
nations Indonesia, Irak, Suriah,
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR, KALIMANTAN TENGAH,
cities Malang,
cases teror, Teroris,