Kejagung Bongkar Kasus Mafia Pupuk, DPR Minta Usut Sampai Tuntas

  • 26 Mei 2022 06:49:42
  • Views: 16

Liputan6.com, Jakarta - Langkah Kejaksaan membongkar sejumlah kasus-kasus besar menuai pujian. Selain kasus mafia minyak goreng, Kejaksaan juga kini tengah mengungkap kasus yang menyangkut hajat hidup orang banyak yaitu praktik mafia pupuk bersubsidi. 

Pengungkapan perkara dimulai dari Kejaksaan Negeri Pekalongan, Jawa Tengah. Setelahnya, sesuai instruksi Jaksa Agung ST Burhanuddin, Kejaksaan Negeri lainnya tancap gas melakukan upaya serupa. Kini, mulai terendus kecurigaan mafia pupuk di Kuantan Singingi (Riau), Pringsewu (Lampung), termasuk Jombang (Jawa Timur). 

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni juga mendukung langkah tegas Kejaksaan untuk membongkar mafia pupuk. Upaya tersebut juga didukung instruksi langsung Jaksa Agung ST Burhanuddin kepada jajarannya. 

Saya sangat mendukung instruksi tersebut. Kita tahu betapa merugikannya keberadaan para mafia pupuk. Mereka tidak hanya merugikan petani, tapi juga rakyat. Jadi memang harus diberantas sampai ke akarnya, kata Sahron di Jakarta, Rabu, 25 Mei 2022.

Politikus Partai Nasdem itu juga memastikan Komisi III DPR mendukung sepenuhnya berbagai upaya pengungkapan atas mafia pupuk oleh Kejaksaan.

Sementara itu, Ketua Serikat Petani Indonesia (SPI) Jawa Tengah, Edi Sutrisno, mengapresiasi langkah cepat dan berani Kejaksaan dalam membongkar kasus mafia pupuk. Upaya tersebut menjadikan Kejaksaan berpihak pada kepentingan masyarakat, terutama petani. 

Kami mengapresiasi langkah Kejaksaan dalam membongkar (keberadaan) mafia pupuk, kata Edi saat dihubungi media, seperti dikutip Rabu (25/5). 

 

Seorang warga asal Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, membuat inovasi cara menanam padi tanpa menggunakan tanah dan pupuk organik. Uniknya, tanaman padi ini bisa panen empat kali dalam satu tahun.


https://www.liputan6.com/news/read/4971500/kejagung-bongkar-kasus-mafia-pupuk-dpr-minta-usut-sampai-tuntas

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/4971500/kejagung-bongkar-kasus-mafia-pupuk-dpr-minta-usut-sampai-tuntas
Tokoh





Graph