Provinsi Terbanyak JCH Indonesia, DPR RI Minta Kanwil Kemenag Jabar Beri Perhatian Khusus

  • 24 Mei 2022 23:15:19
  • Views: 7

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Provinsi Jawa Barat (Jabar) adalah Provinsi yang paling banyak Jemaah Calon Haji atau JCH Indonesia pada pelaksanaan ibadah Haji tahun 1443H/2022M.

Karena jumlah yang paling banyak, Wakil Ketua Komisi VIII DPRI RI Ace Hasan Syadzily minta Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Jabar berupaya maksimal agar persiapan hingga pemberangkatan JCH Indonesia nantinya dapat berjalan lancar.

“Jawa Barat adalah provinsi pengirim jemaah haji terbanyak se-Indonesia. Dengan persentase jemaah yang lebih besar dibandingkan dengan provinsi lain, maka perlu perhatian khusus dalam segala aspek persiapannya, apalagi sudah 2 tahun Indonesia tidak memberangkatkan jemaah haji dikarenakan pandemi,“ kata Ace saat bertandang ke Kanwil Kemenag Jabar pada Selasa (24/5/2022).

Tidak lupa, Ace mengingatkan Kanwil Kemenag Jabar untuk melakukan persiapan dari segi manasik kepada para JCH Indonesia yang akan berangkat.

“Jangan sampai kita fokus ke permasalahan teknis tapi kita lupa dengan manasiknya, karena saya lihat jemaah dari Jabar ini tidak semuanya tergabung ke dalam KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji),“ ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kanwil Kemenag Jabar Ajam Mustajam mengatakan bahwa pihaknya tengah dan terus melakukan upaya-upaya persiapan keberangkatan JCH Indonesia dari Jawa Barat secara maksimal.

“Kami pastikan bahwa seluruh jemaah sudah siap, terutama dalam hal persyaratan dari Pemerintah Arab Saudi yang harus dipenuhi oleh jemaah haji yang berangkat tahun ini, seperti kebijakan vaksinasi dan batasan umur. Saat ini seluruh daerah di Provinsi Jawa Barat juga sedang melaksanakan bimbingan manasik,“ tandas Ajam.

Diketahui bahwa ibadah haji tahun 1443H/2022M, Provinsi Jawa Barat akan memberangkatkan 17.655 JCH Indonesia melalui Embarkasi Bekasi. Jumlah ini hanya sebesar 45,6% jika dibandingkan dengan persentase jemaah haji Jawa Barat yang berangkat pada tahun 2019 lalu. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/410766/provinsi-terbanyak-jch-indonesia-dpr-ri-minta-kanwil-kemenag-jabar-beri-perhatian-khusus

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/410766/provinsi-terbanyak-jch-indonesia-dpr-ri-minta-kanwil-kemenag-jabar-beri-perhatian-khusus
Tokoh



Graph

Extracted

persons Tubagus Ace Hasan Syadzily,
companies Google, Telegram,
ministries DPR RI, Kemenag,
topics haji,
events Ibadah Haji, vaksinasi,
nations Arab Saudi, Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Bekasi,