Kemenag Sebut 860 Calon Jamaah Haji Tangerang Siap Diberangkatkan

  • 24 Mei 2022 20:08:06
  • Views: 11

IDXChannel - Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangerang mencatat sebanyak 860 calon jamaah haji Kota Tangerang siap diberangkatkan tahun ini.

Kepala Seksi Haji Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangerang, Tutun HS menjelaskan bahwa Kota Tangerang tahun ini mendapat kuota dari provinsi sebanyak 860 orang.

“Pada tahun ini, Kota Tangerang dapat kuota dari provinsi sebanyak 860 jamaah. Dan untuk cadangannya, ada 175 jamaah, paparnya dalam keterangan yang diterima, Selasa (24/5/2022).

Diakui Tutun bahwa para jamaah haji yang siap diberangkatkan tahun ini telah mendaftar sejak akhir tahun 2011 hingga awal tahun 2012 lalu. 

Dijelaskan Tutun, jumlah normal calon jamaah haji di Kota Tangerang sendiri berjumlah dikisaran 1.600-1.700 jamaah, dengan kuota Provinsi Banten saat ini sebanyak 860 jamaah.

“Karena pandemi, pemerintah Arab Saudi membatasi sejuta seluruh negara, kita cuma dapat 100.051 se-Indonesia. Banten mendapatkan 4.291. Kita, Kota Tangerang dapat kuota dari provinsi 860 (jamaah), ungkapnya.

Nantinya, ke-860 calon jamaah haji ini akan diberangkatkan mulai 4 Juni mendatang yang terbagi menjadi tiga kloter dengan rincian 393 jemaah akan diposisikan di dua kloter yang hanya berisikan jemaah asal Kota Tangerang. Kemudian, sisanya ditempatkan di kloter campuran dengan jamaah kota/kabupaten lain. 

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan ibadah haji di tahun 2022 hanya mengizinkan jamaah yang berusia minimal 18 tahun dan maksimal berusia 65 tahun. 

Tutun menjelaskan terkait hal yang dapat membuat calon jamaah tidak jadi diberangkatkan seperti halnya terkait faktor usia, mengundurkan diri hingga meninggal dunia. 

Tutun menuturkan, posisi calon jamaah haji yang gagal berangkat, akan diganti dengan calon jamaah dari kuota cadangan yang akan ditentukan secara acak. Untuk tahun 2022 ini, Kemenag Kota Tangerang telah menyiapkan 175 jemaah haji cadangan.

Jamaah cadangan akan menggantikan jamaah haji yang gagal berangkat tahun ini, tandasnya.

(NDA) 


https://www.idxchannel.com/syariah/kemenag-sebut-860-calon-jamaah-haji-tangerang-siap-diberangkatkan

Sumber: https://www.idxchannel.com/syariah/kemenag-sebut-860-calon-jamaah-haji-tangerang-siap-diberangkatkan
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries Kemenag,
topics haji,
events Ibadah Haji,
products Syariah,
nations Arab Saudi, Indonesia,
places BANTEN,
cities Tangerang,